Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Nasaruddin Umar Rilis 5 Buku Demi Dinginkan Tensi Politik Nasional

JAKARTA, HOLOPIS.COM Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar telah resmi meluncurkan lima buah buku sekaligus.

Buku-buku yang dirilis tersebut mengangkat sifat sufistik atau ilmu tasawuf. Ia sangat berharap dengan lahirnya buku-buku tersebut, dapat memberikan kontribusi positif untuk menyejukkan suasana sosial politik yang mulai memanas ini.

“Menjelang pemilu yang akan datang kita perlu penyejukan. Bagaimana menyejukkan warga bangsa itu perlu sentuhan sufistik, perlu ada sentuhan spritual,” kata Prof Nasaruddin Umar di Grand Sahid Jaya, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (5/11).

Salah satu tokoh Islam besar di Indonesia ini menjelaskan, bahwa kelima buku itu juga menonjolkan tema feminim. Buku-buku kali ini berbeda dengan sebelumnya yang lebih mengangkat masalah politik hingga antropologi.

Dia berharap karyanya dapat memberikan keseimbangan antara konsumsi otak dan batin. Sebab, bangsa yang utuh memberikan tempat bagi kepala dan hati untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

“Kita jangan tumpah ruah tentang persoalan maskulin, persoalan politik, persoalan-persoalan kekinian, tapi kita harus menengok daripada kita sendiri, who am i? Siapa diri kita sebetulnya? Mau ke mana? Penyadaran warga bangsa bahwa hidup ini ada batasnya ada kehidupan setelah mati,” papar dia.

Nasaruddin menilai dengan mengetahui pribadi masing-masing melalui sufistik akan mewujudkan iklim politik santun hingga sistem ekonomi luhur.

“Jadi, etika kesantunan itu sangat penting dan itu ciri khas bangsa kita dan itulah Pancasila,” ujar dia.

Nasarudin menyebut sejatinya terdapat enam buku yang akan diluncurkan. Namun, satu buku masih di percetakan.

Kelima buku tersebut berjudul Menelisik Hakikat Silaturahim, Menyelami Selak Beluk Makrifat, Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid, Menjalani Hidup Salikin, dan Memahami Alquran di Masa Post Truth.

Mahfud MD beri apresiasi

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD mengapresiasi atas terbitnya buku-buku terbaru karya Prof Nasaruddin Umar.

“Bukan main, luar biasa. Sahabat saya, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Nasaruddin Umar baru saja meluncurkan 6 buku yang ditulis tahun ini,” kata Mahfud.

Nasaruddin Umar
Foto dari kiri : Sandiaga Salahuddin Uno, Nasaruddin Umar dan Mahfud MD. [source : istimewa]

Tak tanggung-tanggung, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta itu pun diganjar rekor MURI karena dinilai produktif dalam menulis artikel.

“Juga mendapat rekor dunia dari MURI karena telah menulis sekitar 6.000 artikel sejak tahun 2008,” imbuhnya.

Atas pencapaian yang sangat luar biasa ini, Mahfud angkat topi untuk sahabatnya itu.

“Selamat, Prof. Anda bukan hanya lihai menulis, tapi juga jago ceramah,” pungkasnya

Dalam peluncuran buku tersebut, tidak hanya Mahfud MD saja, ada beberapa pejabat dan tokoh nasional yang turut hadir. Antara lain ; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) KH Muhammad Zainul Majdi, dan lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru