JAKARTA, HOLOPIS.COM – Penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi menjadi dua elemen penting yang dapat mencegah potensi gelombang ketiga Covid-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan potensi gelombang ketiga Covid-19 diperkirakan terjadi pada akhir tahun ini. Diketahui, bulan Desember memiliki dua momentum besar, yaitu Hari Natal dan pergantian tahun.

“Perkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment-nya, kemudian perkuat vaksinasinya. Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan Covid-19 ini,” kata Ganip.

Dari pengalaman terdahulu, libur pada periode tersebut memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan, misalnya dengan mengadakan perjalanan berlibur.

Karena itu, Ganip mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah agar mewaspadai potensi gelombang ketiga penularan Covid-19 yang diprediksi terjadi pada akhir tahun.

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip.

Pada saat bersamaan, akhir tahun juga diikuti periode pergantian cuaca, yang akan mempengaruhi daya tahan tubuh, menyebabkan mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru (Natal dan Tahun Baru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” ujar Ganip.

Namun, Ganip optimis bahwa prediksi gelombang ketiga itu dapat dicegah dan dikendalikan melalui kunci pencegahan dan mitigasi penularan Covid-19, yaitu melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta vaksinasi.