NewsEkobizFederasi Pilot Minta Pemerintah Cabut Aturan PCR Syarat Naik Pesawat

Federasi Pilot Minta Pemerintah Cabut Aturan PCR Syarat Naik Pesawat

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali kembali mengatur tentang PCR sebagai syarat administrasi naik pesawat di Indonesia.

Selain menunjukkan kartu vaksinasi, pemerintah meminta agar penumpang pesawat wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR (H-2). Sementara itu, untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut wajib menunjukkan hasil tes antigen (H-1).

Ternyata, aturan pemerintah tersebut membuat resah banyak kalangan, khususnya para pilot yang ikut terdampak secara langsung dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian itu.

Presiden Federasi Pilot Indonesia, Capt. M. Ali Nahdi memohon agar Pemerintah Pusat mencabut aturan tes PCR sebagai syarat wajib bagi penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan udara domestik.

Pasalnya, Capt. Ali menilai bahwa aturan tersebut akan kembali memukul industri penerbangan di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Saya menilai aturan Pemerintah Pusat dalam hal ini Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa dan Bali kurang tepat. Karena hal itu kurang sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor industri penerbangan,” kata Capt. Ali, kepada Media, di Jakarta, Senin (25/10).

Saat ini, Capt. Ali melanjutkan, bahwa banyak maskapai penerbangan yang masih tertatih-tatih dalam menjalankan perusahaannya dan masih sangat sulit untuk kembali bangkit. Ia ingin pemerintah jauh lebih peka melihat sektor industri ini.

“Awalnya saya bersama teman-teman di sektor penerbangan optimis maskapai-maskapai akan kembali bangkit dan perlahan tumbuh karena hal itu mengacu ke kasus Covid-19 yang menurun serta level PPKM di beberapa wilayah pun menurun,” ujarnya.

“Seiringnya penurunan angka kasus Covid-19 tersebut diharapkan pemerintah bisa ‘mensupport’ berbagai sektor usaha agar dapat kembali pulih perekonomiannya. Dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung perkembangan industri berbagai sektor, dalam hal ini khususnya dunia penerbangan,” imbuh Capt. Ali.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.