Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tak Hanya Lezat, Ini Manfaat Sushi Bagi Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sushi adalah makanan khas Jepang yang cukup terkenal dan menjadi menu favorit kebanyakan orang. Terdapat beberapa jenis sushi, tapi umumnya sushi tersusun dari nasi yang digulung bersama ikan, yang kemudian dilapisi rumput laut kering atau nori.

Sushi menyediakan karya seni di atas piring, dan banyak koki telah menguasai seni mengiris dan menciptakan karya yang begitu indah sehingga kita tidak ingin menghancurkan kecantikan mereka dengan memakannya. Ikan, pada umumnya adalah bentuk protein hewani tersehat yang tersedia bagi umat manusia.

Sushi memiliki kedudukan lebih tinggi karena memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Sumber Protein dan Omega-3

Sushi merupakan sumber protein yang baik. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan khas Jepang ini dapat membantu memperbaiki kerusakan otot.

Selain itu, omega-3 yang terkandung di dalamnya menjadikan manfaat sushi baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, sushi dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Antiradang

Pada sebagian besar menu sushi, penggunaan wasabi merupakan hal yang lazim sebagai penambah uniknya rasa sushi. Wasabi merupakan pasta seperti sambal yang terbuat dari tanaman Eutrema japonicum.

Wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan isotiosianat yang memiliki manfaat antibakteri, antiradang, dan membantu memperkecil risiko kanker.

3. Kaya Mineral

Dalam tradisi makan sushi, acar jahe digunakan sebagai pembersih mulut yang menyegarkan di setiap suapan sushi. Hidangan pencuci mulut inilah yang menjadikan manfaat sushi bagi kesehatan cukup banyak.

Jahe sudah terkenal sebagai herbal dengan berbagai manfaat sejak dulu. Jahe kaya akan kalium dan magnesium, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

4. Mengandung Serat

Rumput laut kering atau nori yang digunakan pada sushi memang hanya sedikit. Namun di balik itu, makanan ini menyimpan segudang nutrisi hingga sering disebut sebagai superfood.

Selain kaya akan berbagai mineral (seperti kalsium, besi, iodin, serta vitamin A, C, dan E), rumput laut juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menunda lapar.

5. Sumber Potasium

Salah satu manfaat sushi lainnya adalah sebagai sumber potasium. Kandungan potasium pada sushi ini berasal dari ikan salmon yang ternyata mengandung potasium lebih banyak ketimbang pisang.

Potasium dipercaya baik untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru