JAKARTA, HOLOPIS.COMHari ini, Presiden Joko Widodo hadir memberikan sambutannya dalam acara puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Partai Golkar yang ke-57 secara virtal.

Presiden Jokowi di dalam sambutannya tersebut menyinggung kondisi bangsa Indonesia yang tengah diterpa pandemi Covid-19. Ia mengatakan bahwa pandemi ini merupakan sebuah ujian yang besar bagi Indonesia apakah mampu mempertahankan diri dari gejolak ini atau tidal.

“Pandemi juga sebuah ujian ketangguhan sistem dan kelembagaan di negara kita,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (23/10).

Sebab, kata dia, situasi pandemi ini membuat bangsa Indonesia harus menghadapi dua krisis global dalam waktu bersamaan, yakni krisis kesehatan bahkan sampai kepada krisis ekonomi.

Untuk mengatasinya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya tindakan-tindakan yang sangat luar biasa.

“Dalam kondisi seperti ini, lembaga eksekutif di tantang dan diuji. Lembaga legislatif dan yudikatif juga diuji. Semua diuji, apakah bisa menghadapi situasi ini dengan baik,” ujarnya.

Sebagai wadah artikulasi dan agregasi politik masyarakat, Jokowi berpandangan jika partai politik juga merasakan ujian ini. Dalam hal ini, apakah parpol sudah berada di kanan kiri masyarakat saat menghadapi situasi seperti ini. Dimana, ia menilai bahwa parpol juga dituntut untuk hadir meringankan beban masyarakat, dan diharapkan juga hadir memberikan perosalan-persoalan yang dihadapi rakyat Indonesia.

“Saya yakin dengan semangat belajar dari pandemi, partai golkar juga belajar apa yang kurang, yang harus diperbaiki, apa yang lemah harus diperkuat agar partai golkar bisa terus berkarya untuk kepentingan rakyat,” pungkasnya.