Kategori berikutnya adalah “Mengembalikan Laut Kita” (Revive our Oceans) yang berhasil dimenangkan oleh Coral Vita, Bahamas. Sebuah proyek yang dijalankan oleh dua sahabat yang menanam karang di Bahama, dirancang untuk memulihkan terumbu karang yang sekarat di dunia. Dengan menggunakan tangki khusus, mereka telah mengembangkan cara menumbuhkan karang hingga 50 kali lebih cepat daripada yang biasa dilakukan di alam.

Italia memenangkan kategori “Bangun Sebuah Dunia Tanpa Sampah” (Build a Waste-Free World). Kota Milan Italia memenangkan penghargaan karena mereka mengumpulkan makanan sisa dan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Aksi tersebut pun telah menurunkan jumlah sampah sekaligus menangani kelaparan.

“Perbaiki Iklim Kita” (Fix our Climate) dimenangkan oleh Thailand, Jerman, dan Italia. Sebuah desain cerdas di Thailand menggunakan energi yang telah diperbaharui untuk membuat hidrogen dengan memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen adalah gas bersih tetapi biasanya dihasilkan dengan membakar bahan bakar fosil

Pangeran William meresmikan “Earthshot Prize” melalui amalnya, The Royal Foundation pada tahun lalu.
Cucu dari Ratu Elizabeth II tersebut berencana akan memberikan penghargaan kepada 5 pemenang setiap tahunnya hingga 2030.