Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WHO Rekomendasikan Penggunaan Vaksin Malaria Pertama di Dunia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – WHO mengumumkan pihaknya merekomendasikan penggunaan meluas vaksin malaria pertama yang telah terbukti akurat.

Vaksin yang diproduksi perusahaan farmasi raksasa GSK akan digunakan untuk menolong anak-anak di Afrika setelah dilakukan percontohan di tiga negara dan temuan hasilnya yaitu bisa mengurangi kasus malaria sampai 40 persen.

Dilansir BBC, Kamis (7/10), Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang mengawali kariernya sebagai peneliti malaria, menyebut vaksin tersebut sebagai terobosan besar dan berkat bagi dunia.

“Seperti sebagian dari kalian mungkin mengetahui, saya memulai karier saya sebagai peneliti malaria dan saya menantikan hari ketika kita memiliki vaksin aktif untuk melawan penyakit purba dan mengerikan ini. Dan hari ini adalah hari tersebut dan bersejarah,” jelas Tedros.

“Hari ini WHO merekomendasikan penggunaan yang lebih luas vaksin malaria pertama dunia,” lanjutnya.

Tedros menambahkan, rekomendasi ini berdasarkan program percontohan yang sedang berlangsung di Ghana, Kenya, dan Malawai. Program di tiga negara ini telah menjangkau lebih dari 800.000 anak-anak sejak 2019.

“Vaksin malaria yang telah lama ditunggu-tungg ini merupakan terobosan bagi ilmu pengetahuan, kesehatan anak, dan pengendalian malaria,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru