Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Densus Telusuri Dugaan Pembaiatan Negara Islam Indonesia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tim Detasemen Khusus( Densus) tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi pembaiatan sekolompok orang untuk masuk ke Negara Islam Indonesia.

Kabag Ops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan masih mengumpulkan informasi mendalam puluhan warga disebut mengaku telah mengambil sumpah kelompok yang juga dikenal dengan nama Darul Islam di daerah Garut, Jawa Barat.

“Kami sudah monitor kejadian ini dan sedang mengumpulkan informasi yang lebih detail,” kata Aswin, Kamis (7/10).

Saat ditanyakan perkembangan lebih lanjut mengenai hasil penyelidikan, Aswin enggan menjelaskan lebih lanjut. Meskipun begitu, dia menjanjikan akan segera akan ada langkah hukum terkait tindakan intoleran tersebut.

“Nanti akan ada tindak lanjut sesuai fakta hukum yang ditemukan,” singkatnya.

Sebelumnya, puluhan anak dan sejumlah orang tua di wilayah Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut mengakui dibaiat masuk aliran sesat Negara Islam Indonesia. Tidak hanya dibaiat saja, mereka juga diduga didoktrin paham radikal.

Terungkapnya puluhan warga yang masuk NII berawal dari laporan seorang warganya yang mengaku kalau anaknya yang masih 15 tahun mengalami penyimpangan aqidah.

Menerima informasi tersebut, pihaknya melakukan pendalaman informasi tersebut. Ternyata jumlah anak yang mengalami penyimpangan serupa cukup banyak. Totalnya, ada puluhan anak dan beberapa orang tua.

Mereka ini diduga masuk NII setelah dibaiat oleh seseorang. Yang masuk kebanyakan masih anak-anak, ada juga orang dewasa dan orang tua. Berdasarkan pengakuan sejumlah anak yang mengaku dibaiat, salah satu doktrin yang diberikan adalah menganggap pemerintah RI thogut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru