Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Nasi Tekor, Sensasi Kuliner Klasik di Tepi Sawah Bali

BALI, HOLOPIS.COM Klasik. Satu kata yang mungkin bisa mengambarkan sensasi salah satu pilihan kuliner yang ada di Bali, yakni Nasi Tekor.

Memasuki Kawasan Desa Budaya yang beralamat di Kertalangu Jalan By Pass Ngurah Rai, Tohpati Nomor 28, Kesiman, Kertalangu, Kota Denpasar, Bali, ada akan disajikan suasana warung makan yang bergaya klasik atau masa lalu.

Rumah tinggal Nyoman, sang pemilik bersama keluarga difungsikan juga sebagai tempat mereka memenuhi hasrat kuliner para pelancong.

Berukuran kurang dari 300 meter, rumah yang bernuansa kayu ini benar benar layaknya mengusung rumah pedesaan. Hanya menggunakan bambu dan jerami dan tumpukan kayu bakar yang difungsikan sebagai alat memasak sang koki.

nasi tekor
Nasi Tekor di Bali.

Menu andalan Nasi Tekor yang berisi olahan ayam, urap dan sambal matah khas Bali ini langsung ditawarkan secara ramah kepada kami yang baru pertama kali datang ke tempat kuliner ini.

“Selamat datang, silahkan duduk. Nanti kami sajikan Nasi Tekor lengkap yang spesial pokoknya, ” sambut Nyoman atau yang akrab disapa Pak Tekor.

Hanya sekitar 5 menit sajian pun tiba di meja kayu yang sudah dilengkapi dengan camilan kerupuk dan berbagai ornamen lain yang bersifat tradisonal.

Sambil bercerita masa lalu Nyoman ketika berdagang di tengah sawah, kami pun menyantap sajian dengan mencoba minuman khas warung ini yakni Es Gula dan juga Jahe Hangat.

“Kami ini tidak menyediakan menu seperti restoran. Saya hanya bersama keluarga melayani pelanggan karena kondisi PPKM seperti ini tidak ada pegawai yang bisa kami bayar,” Nyoman menuturkan.

nasi tekor bali
Suasana di dalam warung Nasi Tekor di Bali.

Nyoman kemudian terus berseloroh mengenai kondisi ekonomi yang saat ini terbilang sulit. Terlebih mengenai persaingannya dengan kuliner lain di Bali yang menyediakan tempat sejuk dan berbagai menu pilihan.

“Sejak dulu kami hanya menyediakan menu makanan rumahan. Untuk harga pun kami berusaha memberikan sebisa mungkin terjangkau,” tukasnya.

Untuk harga makanan, Nyoman memang mematok harga yang relatif sangat terjangkau. Untuk menu Nasi Tekor Komplit isi ayam dihargai Rp 20 ribu, sedangkan untuk Nasi Tekor Komplit isi kambing dibanderol Rp 30 ribu saja.

Untuk harga minuman hampir semua berada di harga Rp 5 ribu dan berbagai macam jenis camilan kerupuk di harga Rp 2 ribu.

Jadi, untuk anda yang sedang berada di Bali dan mencari alternatif kuliner bergaya pedesaan namun tidak terlalu jauh dari pusat kota, Nasib Tekor ini bisa menjadi pilihan kuliner untuk memanjakan lidah anda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.

Menteri Agama Gus Yaqut Bahas Anggaran 2025 dengan Komisi VIII

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI mengadakan rapat kerja untuk membahas penyesuaian anggaran 2025. Rapat berlangsung di Gedung Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru