Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Vaksin Merah Putih Siap Disuntikkan Juli 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM – vaksin merah putih produksi Biotis-Universitas Airlangga bakal disuntikkan massal pada Juli 2022.

Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman mengatakan vaksin Merah Putih sampai pada fase uji klinis tahap tiga di bulan April dan segera mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kami berharap mendapatkan data interim report uji klinis fase tiga untuk mendapat EUA di bulan April, dan kami berharap paling lambat bulan Juli 2022 vaksin kami sudah bisa dipakai oleh masyarakat Indonesia,” kata Sudirman Rabu, (15/9).

Vaksin Merah Putih buatan Biotis-Unair ini telah mendapat banyak dukungan dari berbagai pemangku kepentingan. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Balitbang Kemenkes sejak proses uji klinis dimulai.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BRIN saat fase non klinik dan preklinik. Sejauh ini, Sudirman mengaku ada hasil yang baik di setiap fase pengembangan vaksin Merah Putih.

“Tentu BPOM yang mendukung dan mengawasi, membimbing kami supaya bisa memenuhi regulasi atau persyaratan teknis yang diperlukan oleh pabrik vaksin. Sampai hari ini hasilnya baik,” kata Sudirman.

Sebelumnya, pengembangan vaksin Merah Putih menggunakan sampel virus Covid-19 yang ada di Indonesia sehingga diharapkan lebih cocok dan efektif bagi warga Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru