Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Legislator: PON Harus Memberi Manfaat Bagi Warga Papua

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wijayati mencermati kondisi Kabupaten Mimika jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, terlihat euforia maupun antusiasme masyarakat masih belum begitu besar, walau ajang olahraga itu akan berlangsung dalam waktu dekat.

Untuk itu ia mendorong agar ada upaya membangkitkan antusiasme tersebut, sebab nantinya PON diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

“Yang perlu ditekankan ialah bagaimana mengikutsertakan masyarakat Papua mensukseskan ajang olahraga nasional itu,” sebut Esti saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI meninjau sejumlah venue PON di Mimika, Papua, Jumat (10/9).

Dari sisi ekonomi misalnya, diharapkan kehadiran PON XX Papua akan mendorong usaha-usaha lokal di sekitar lokasi penyelenggaraannya.

“Saya kira inilah yang kemudian masyarakat di sini (Papua) harus diberi ruang untuk itu,” ujar Esti seperti dilansir dari dpr.go.id. Jika mungkin masyarakat bisa dikumpulkan untuk diajak kemudian diberi pemahaman bagaimana peluang yang muncul dari ajang PON dan apa yang bisa warga kerjakan untuk kemudian mengambil manfaat dari perhelatan olahraga terakbar se-Indonesia itu.

Selain itu, politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu turut memberikan catatan agar pemanfaatan venue olahraga pasca PON nantinya tidak terbengkalai.

“Tapi justru bisa dimanfaatkan masyarakat dan memotivasi agar dapat meningkatkan prestasi olahraga yang ada di sini,” ungkap Esti. Untuk itu pemda setempat perlu mengupayakan pemaksimalan penggunaan venue tersebut.

Esti menyadari, untuk merawat venue yang besar itu juga membutuhkan dana yang tidak sedikit dari sisi pemeliharaannya. Maka dari itu perlu diskusi berbagai pihak untuk dapat mendetailkan persoalan itu. Esti menilai, pesta olahraga yang besar ini juga punya potensi menyisakan persoalan hukum di masa depan.

“Oleh karenanya penggunaan dana serta kemudian pelaksanaan acaranya itu betul-betul harus bisa dipertanggungjawabkan dan Komisi X DPR RI akan berupaya memberikan dukungan bagaimana supaya PON ini bisa terselenggara dengan baik,” pungkas legislator dapil Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

 

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Menpora Janji Evaluasi PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meminta maaf atas kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Menpora Dito pun berjanji akan mengevaluasi hal tersebut agar ke depannya lebih baik lagi.

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru