JAKARTA, HOLOPIS.COM – Politisi Partai Aksi Demokratik (DAP) Malaysia Lim Kit Siang, memepertanyakan penurunan kasus Covid-19 di Indonesia turun lebih cepat dari Malaysia.

Lim Kit Sian heran hal dengan capaian tersebut, padahal populasi Malaysia lebih kecil dari Indonesia.

“Bisakah menteri kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru Covid-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia, bahkan kurang dari setengahnya?” kata Lim dikutip dari Malay Mail.

Kementerian Kesehatan pun menjawab keraguan politisi Malaysia tersebut, melalui Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Menurutnya, penurunan kasus di Indonesia memang terjadi dan bisa dilihat dari data.

“Tentunya angka yang ada saat ini benar-benar menunjukkan penurunan laju penularan Covid-19 yang bisa kita ukur melalui penurunan kasus konfirmasi positif, keterisian tempat perawatan, kasus kematian. Dan ini bisa dicek langsung ke lapangan dan ke masyarakat,” jelasnya.

Penurunan tersebut, juga terjadi dengan kerja sama seluruh pihak dalam menjalankan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga leveling saat ini.

“Itu terjadi terutama kebijakan PPKM, tapi yang penting adalah dukungan dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, termasuk juga para ahli,” pungkasnya.