Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Anggota TNI Tewas Akibat Serangan KKB, Senat Soll Berhasil DItangkap Oleh Aparat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pos Koramil di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat diserang Oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), Kamis (2/9) dini hari.

Penyerangan itu mengakibatkan 4 anggota TNI tewas yakni, Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Pratu Juliano.

Sementara prajurit lain Sertu Juliano mengalami luka berat, dan 2 anggota yang belum ditemukan yakni Lettu Chb Dirman (Danposramil) dan Pratu Ikbal

Penyerangan itu terjadi sekira pukul 03.00 WIT oleh kelompok separatis sekira 50 orang. Mereka yang dilaporkan tewas, sementara dievakuasi ke Kodim Maybrat.

Penangkapan Senat Soll

Aparat keamanan berhasil menangkap Senat Soll (25 tahun) yang merupakan salah satu tokoh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (2/9/2021) pagi. Senat Soll merupakan mantan anggota TNI yang melakukan disersi sejak 2018.

Penangkapan Senat Soll dilakukan oleh tim gabungan Satgas Ops Nemangkawi dan Polres Yahukimo yang dipimpin oleh Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Hendriana. Saat ditangkap, Senat Soll berusaha menyerang aparat dengan menggunakan sebuah kapak sehingga aparat harus melumpuhkannya.

Senal Soll diketahui merupakan mantan anggota TNI yang membelot dan bergabung dengan KKB di Papua. Dia pernah terlibat dalam jual beli amunisi senjata api di Kabupaten Mimika. Senat Soll yang terakhir berpangkat Prada dipecat dari dinas militer lantaran melakukan desersi dan tak berdinas lebih dari 30 hari berturut-turut.

Senat diduga kuat terlibat dalam pembunuhan staf KPU Kabupaten Yahukimo, Hendry Jovinski. Dia juga diduga sempat berkomplot dalam kasus pembakaran ATM di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada 2019.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru