Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Klaim Jumlah Vaksin Banyak, Menkes: Masyarakat Jangan Pilih-pilih Vaksin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah mengklaim bahwa ketersediaan vaksin di Indonesia sampai dengan saat ini terbilang cukup untuk disuntikan ke rakyat Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, bahwa jutaan dosis vaksin telah masuk ke Indonesia. Untuk bulan ini, menurut Budi, sudah ada 62,6 juta dosis yang tiba.

“Kalau dibandingkan Januari sampai Juli 90 juta dosis, bulan Agustus saja akan kedatangan 62,6 juta dan di bulan Agustus ini kita sudah kedatangan 1,56 juta dosis pfizer yang kita beli langsung dari pfizer,” kata Budi, Senin (23/8).

Selain itu, akan ada vaksin-vaksin dosis tambahan yang masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

“Di akhir bulan, kita akan juga kedatangan 4,6 juta dosis pfizer yang merupakan hasil kerjasama multilateral vaksin gratis dari Covax. Jadi akan ada jenis vaksin baru yaitu Pfizer yang akan datang di bulan ini,” jelasnya.

Dengan kondisi stok vaksin yang diklaim cukup banyak tersebut, Budi kemudian minta kepada masyarakat untuk segera ikuti program vaksinasi. Selain itu masyarakat diminta jangan memilih vaksin mana yang akan disuntikan ke tubuhnya.

“Dengan adanya beberapa macam vaksin ini, kami imbau agar masyarakat tidak pilih-pilih vaksin. Karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita,” tegasnya.

Budi juga katakan, arahan yang selalu disampaikan Presiden adalah jangan sampai ada stok vaksin di daerah. Masyarakat, lanjut Budi, harus segera divaksinasi jika pemerintah daerah telah menerima pasokan vaksin dari pusat.

“Arahan Presiden adalah, pertama agar segera disuntikan jangan ditahan sebagai stok vaksin, segera disuntikan dikirimkan ke provinsi, provinsi juga diminta segera mengirimkan ke kabupaten kota,” tambahnya.

Sementara itu, Budi juga jelaskan bahwa stok ketersediaan vaksin juga bisa dipantau melalui situs vaksin.kemkes.go.id. Dari situs itu kemudian bisa diketahui bagaimana stok vaksin masing masing yang ada di daerah termasuk realisasi penyuntikannya.

“Di situ ada menu di mana bisa dilihat semua stok vaksin di seluruh kabupaten kota dan juga laju penyuntikannya. Sehingga berapa hari kira-kira vaksin itu bisa dipakai,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru