Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kepala BNPB : Penanganan COVID-19, Pemerintah Ingin Ubah Pandemi Menjadi Endemi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kasus COVID-19 di Indonesia mulai mengalami angka penurunan. Walaupun telah turun, pemerintah tetap memberlakukan PPKM Level 4 dan 3 agar masyarakat tidak lengah dengan angka penurunan tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito mengatakan, tujuan besar penanganan Covid-19 saat ini ialah mengubah pandemi menjadi endemi agar masyarakat tetap produktif dan aman dari penularan virus corona.

“Tujuan besarnya kita akan nanti mengubah penanganan Covid-19 menjadi pengendalian Covid-19, jadi arahnya itu mengubah pandemi menjadi endemi, sehingga kita dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 dan masyarakat menjadi produktif aman terhadap Covid-19,” kata Ganip dalam acara Penguatan Penanganan Covid-19 di Bali secara virtual, Kamis (19/8).

Ganip mengatakan, untuk menuju endemi tersebut, dibutuhkan tiga pilar, yaitu pelaksanaan protokol kesehatan 3M, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Kemudian, meningkatkan pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) serta meningkatkan capaian vaksinasi.

“Peningkatan tiga pilar ini kita bisa mengendalikan pandemi,” ujar dia.

Selain itu, Ganip mengatakan, transmisi pandemi Covid-19 menjadi endemi tersebut sebagai upaya Indonesia untuk mendapatkan kepercayaan di mata dunia lantaran Bali akan menjadi tuan rumah Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada 2022.

GPDRR merupakan forum internasional dua tahunan yang dibentuk oleh “Nations Office for Disaster Risk Reduction” (UNDRR) atau Badan PBB untuk pengurangan risiko bencana.

Perhelatan GPDRR tersebut, kata Ganip, akan dihadiri oleh 193 negara yang terdiri dari pejabat tinggi pemerintah, lembaga non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, dan media.

Oleh karena itu, pemerintah tengah berupaya agar kasus Covid-19 di Bali dapat ditekan hingga berstatus zero case alias nol kasus Covid-19.

“Kita kerja keras gotong royong menjadikan Bali ini kembali zero kasus supaya kita dapat keyakinan karena ini menyangkut harga diri bangsa,” ucap dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru