Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Pengamat : Keputusan Itu Adalah Langkah Maju

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tes keperawanan yang dilakukan kepada calon prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), dihapus oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Menurut Pengamat pertahanan dan intelijen Susaningtyas Nefo Handayani, hal tersebut menjadi sebuah langkah maju. “Menurut saya ini langkah maju. Agar fokus tidak ada lagi pemeriksaan di luar tujuan,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/8).

Tes keperawanan tersebut, justru bisa jadi penghambat seorang wanita yang ingin masuk Kowad.

“Dulu ada orang jatuh dari kuda, dia kehilangan keperawanan, dia daftar TNI tidak diterima padahal orangnya cerdas dan punya banyak keterampilan termasuk bahasa. Kan kasihan,” kata Susaningtyas.

Nuning mengatakan, tes keperawanan saat ini sudah tidak relevan. Justru yang terpenting untuk di uji, yaitu aspek akademik dan psikologi para calon prajurit.

“Menurut saya sih gitu (tidak relevan). Yang penting seorang prajurit baik lelaki ataupun perempuan adalah keterampilan serta nilai akademik dan psikologi,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru