Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

KRI Bung Tomo Class Punya Kemampuan Bertempur Layaknya Sebuah Kapal Perang

kapal
Pendaratan Helikopter AS 565-MBe Panther diatas dek KRI Bung Tomo (IDM)

Untuk mengintegrasikan penggunaan operasional semua sensor dan sistem senjata tersebut di atas, KRI Bung Tomo Class dibekali oleh sistem komando dan kendali Nautis II buatan BAE Systems Insyte.

Menurut naval-technology.com, Nautis II memiliki konsol multifungsi untuk menghadapi ancaman udara, permukaan dan kapal selam.

Data yang diperoleh dari sistem sensor dan persenjataan kapal akan disajikan sedemikian rupa sehingga Perwira Peperangan Utama (Principal Warfare Officer) di kapal tersebut akan memiliki kesadaran tinggi terhadap situasi operasional di sekelilingnya, termasuk juga situasi navigasi, sasaran ancaman dan alokasi senjata serta fungsi kendali senjata yang dimiliki.

Fregat ringan ini juga memiliki kemampuan melaksanakan penegakkan hukum di laut sebagai bagian dari fungsi keamanan maritim serta anti perompakan.

Hal ini dikarenakan kapal ini dilengkapi dengan dua buah sekoci berlambung keras (Rigid Hull Inflatable Boat) atau lebih dikenal dengan istilah RHIB. Selain itu, kapal ini juga didesain untuk mengangkut 24 personel tambahan selain 79 personel intinya.

Dengan demikian fregat ringan ini akan dapat melaksanakan peperangan operasi khusus aspek laut termasuk anti perompakan dengan membawa dua hingga tiga tim pasukan Komando Pasukan Katak (Kopaska) atau Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) jika diperlukan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru