JAKARTA, HOLOPIS. COM- Pemerintah mengklaim bahwa mereka sudah siap untuk melakukan pelonggaran kebijakan PPKM Level 4.

Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa tim sudah melakukan persiapan untuk menjalankan perintah dari presiden Joko Widodo terkait kebijakan pelonggaran PPKM.

“Saya pikir semua team sudah siap untuk melaksanakan semua ini kami sudah melakukan berjenjang dan saya pikir semua persiapan ini besok eksekusinya dan besok malam akan kita evaluasi, ” kata Luhut dalam keterangan persnya, Minggu (25/7).

Luhut kemudian juga menjanjikan ketika pelonggaran yang dilakukan besok bisa berhasil, pemerintah sudah bisa mempersiapkan kemungkinan terburuk lainnya.

“Kalau ini jadi saya kira kita akan lebih baik menghadapi ini semua. Tadi presiden sudah menyampaikan bukan tidak mungkin adalagi penyebaran varian yang lebih ganas dari Delta ini, ” tukasnya.

Meskipun begitu, Luhut minta masyarakat juga jangan terlena atas rencana pengendoran regulasi yang akan dilakukan oleh pemerintah besok. Ikhtiar dan upaya yang maksimal saat ini menurut Luhut sangat diharapkan untuk dilakukan seluruh masyarakat.

“Oleh karena itu kita tidak perlu terburu buru bersenang hati, tapi kita harus bersiap untuk menghadapi apapun yang terjelek. Tapi kalau kondisi seperti ini insyallah kira kira kita akan bisa mengatasinya, ” tegasnya.