Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ingat, Covid-19 Terus Bermutasi, Pastikan Patuh 3M

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono menilai bahwa bukan hanya Indonesia saja yang mengalami kegamangan dengan munculnya varian Delta Covid-19, melainkan hampir seluruh negara di dunia.

“Delta telah membuat limbung banyak negara, termasuk Indonesia,” kata Pandu, Senin (19/7).

Varian baru Covid-19 tidak akan berhenti di Delta saja, apalagi saat ini banyak varian Covid-19 akibat dari mutasinya virus tersebut.

Bahkan kata Pandu, masih ada kemungkinan besar varian-varian yang lebih berbahaya akan bermunculan karena proses mutasi virus tersebut, bahkan lebih bahaya dari Delta yang saat ini masih menjadi common enemy hampir semua negara di dunia.

“Ingat SarsCov2 berasal dari keluarga virus yang mudah bermutasi. Delta bukan yg terakhir, mutan-mutan baru yang lebih berbahaya akan hadir di tengah kita,” ujarnya.

Potensi ancaman semacam ini menurut Pandu, perlu ada antisipasi yang serius dari pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Upaya strategis harus diambil untuk mengantisipasi munculnya varian-varian baru itu.

“Perlu respon nasional pandemi yang strategis,” tuturnya.

Di sisi lain, dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) tersebut menyarankan kepada pemerintah, agar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bersifat darurat tidak terlalu lama diberlakukan.

“PPKM Darurat itu sementara, jangan lebih dari 1 bulan,” harapnya.

Namun, ia menyerukan kepada semua masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan yakni 3M, antara lain ; memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Kemudian, pemerintah juga harus bisa melakukan tracing, tracking dan treatment semaksimal mungkin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara penanggulangan Covid-19 dengan baik.

“Harus tingkatkan perilaku 3M, wajibkan pakai masker bagi semua. Tes-Lacak-Isolasi tidak boleh kendor,” tegasnya. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru