Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Asrama Haji Pondok Gede Sudah Dioperasikan untuk Tangani Pasien Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mengeri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan, bahwa Rumah Sakit Darurat untuk Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur sudah dioperasikan untuk menangani para pasien terpapar Covid-19.

Pengoperasian Asrama Haji Pondok Gede tersebut merupakan upaya keras pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19, salah satunya melalui peningkatan kapasitas sarana isolasi mandiri dan rumah sakit (RS) untuk penanganan pasien COVID-19.

Basuki menyatakan, bahwa semua sarana dan prasarana RS dan tempat isolasi mandiri termasuk di Asrama Haji Pondok Gede tersebut disiapkan oleh Kementerian PUPR.

“Kami sesuai dengan tugas dan fungsinya menyiapkan tambahan rumah sakit, tidak hanya tempat isolasi tapi rumah sakit,” kata Basuki Hadimuljono, Senin (12/7).

Basuki juga menyebut, bahwa RS Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, sudah mulai beroperasi sejak hari Sabtu (10/7) kemarin. Total gedung yang disiapkan adalah lima gedung, yaitu Gedung A, B, C, H, dan D5.

“Gedung A sudah mulai dioperasikan sejak hari Sabtu, tanggal 10 Juli 2001, dan menurut laporan Pak Menkes tadi saat ini ada 40 pasien yang sudah ditempatkan di sana. Rumah Sakit Asrama Haji ini hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas,” terangnya.

RS ini, imbuh Basuki, melayani pasien dengan gejala ringan dan sedang. “Di sana tidak ada ICU, yang ada hanya HCU (High Care Unit),” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru