Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

33 Pasien COVID-19 di RS Sardjito Meninggal, Diduga Keterlambatan Pasokan Oksigen

YOGYAKARTA, HOLOPIS.COM – 63 pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, dilaporkan meninggal dunia dalam kurun waktu 24 jam.

RS dr. sarjito mengatakan 63 pasien tersebut merupakan akumulasi pasien yang masuk ke RS dari hari sabtu.

“Terkait pemberitaan yang menyebutkan 63 pasien meninggal maka dapat kami sampaikan penjelasan bahwa jumlah tersebut akumulasi dari hari Sabtu pagi (3/7) sampai minggu pagi (4/7), sedangkan yang meninggal pasca oksigen sentral habis pukul 20.00 WIB maka kami sampaikan jumlahnya 33 pasien,” kata pernyataan resmi pihak RS dr. Sardjito, Minggu (4/7).

Pihak RS mengakui masuknya pasien secara bersamaan pada Jumat 2 juli 2021 membuat kebutuhan oksigen makin meningkat sehingga menyebabkan persediaan makin menipis. Upaya yang dilakukan RSUP dr. Sardjito yaitu dengan melakukan pengaturan ulang semua penggunaan oksigen yang dipakai pasien.

Pihak RS juga mengirimkan surat permohonan dukungan kepada Menkes RI, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Gubernur, BPBD, Dinas Kesehatan, Persi dan Dewan Pengawas yang intinya melaporkan bahwa Direktur RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan pasokan oksigen dari penyedia maupun tempat lain.

’’Namun sampai saat itu jam 15.00 WIB Rumah sakit masih mengalami kendala dan pasokan oksigen yang diperkirakan paling cepat sampai ke RSUP Dr. Sardjito pada hari Minggu tanggal 4 Juli 2021 pukul 12.00 WIB,” kata pihak RS.

Selain itu juga dilaporkan bahwa Persediaan oksigen sentral di RSUP Dr. Sardjito Jogjakarta akan mengalami penurunan pada hari Sabtu, tanggal 3 Juli 2021 mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan kehabisan persediaan oksigen yang diperkirakan pada pukul 18.00 WIB. Namun pada kenyataannya oksigen sentral habis pada sekitar pukul 20.00 WIB.

“Dari kondisi tersebut, perawatan pasien beralih menggunakan oksigen-oksigen tabung atau oksigen cadangan yang ada termasuk mendapat pinjaman dari RS Akademik UGM dan RSGM /FKG.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru