Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Paskhas TNI AU Disiapkan Untuk Misi Khusus dan Besar

Paskhas
Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara. (ist)

Sejarah Paskhas AU

Paskhas AU sudah didirikan sejak, 17 Oktober 1947 di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Berawal dari permintaan Gubernur Kalimantan Mohammad Noor pada KSAU Marsekal Soerjadi Soerjadarma untuk menerjunkan pasukan payung di Kalimantan guna membantu perjuangan rakyat Kalimantan.

Permintaan ini disambut baik oleh KSAU, dengan menunjuk Tjilik Riwut untuk menyiapkan prajurit-prajurit AURI melaksanakan tugas penerjunan di Kalimantan yang akhirnya dilakukan oleh 13 prajurit AURI.

Peristiwa tersebut menandai lahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara, yang dikukuhkan 20 tahun kemudian berdasarkan keputusan Men/Pangau nomor 54 tahun 1967, tanggal 12 Oktober 1967 bahwa 17 Oktober 1947 ditetapkan sebagai hari jadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Paskhas
Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara. (ist)

Selain itu, tanggal tersebut jadi awal sejarah penerjunan oleh prajurit TNI yang merupakan operasi penerjunan pertama di Indonesia atau pertama kalinya operasi lintas udara dilakukan di Indonesia.

Berdasarkan skep KSAU nomor skep/73/III/1999 tanggal 24 Maret 1999, Korps Pasukan Khas membawahi 3 wing Paskhas, Detasemen Bravo dan Detasemen Kawal Protokol Paskhas. Setelah berubah status pada bulan September 1999 dibentuklah satuan wing Paskhas.

Untuk wilayah barat, Wing I Paskhas di Jakarta membawahi tiga skadron Paskhas dan empat flight Paskhas BS, dan wilayah timur, Wing II Paskhas di Malang membawahi tiga skadron Paskhas dan dua flight Paskhas BS serta Wing III Diklat Paskhas di Bandung membawahi 3 satuan pendidikan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru