JAKARTA, HOLOPIS. COM- Mengantisipasi lonjakan pasien corona yang membutuhkan penanganan medis, pemerintah pusat mengambil langkah strategis memaksimalkan rumah sakit milik pemerintah.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, setidaknya ada 3 Rumah Sakit milik pemerintah di Jakarta yang akan dimaksimalkan untuk penanganan COVID-19 . Ketiga rumah sakit tersebut yakni RS Fatmawati, RS Persahabatan dan RS Suliyanti Saroso.
“3 Rumah Sakit tersebut akan segera kita konversikan 100 persen untuk penanganan pasien covid , ” kata Budi dalam keterangan secara virtual, Jumat (25/6).
Langkah ini dikatakan Budi, melihat tren kenaikan yang terus meningkat untuk penyebaran pasien virus corona. Sehingga, rumah sakit yang akan dikonversikan tersebut bisa fokus untuk menangani pasien dengan gejala menengah.
“Sehingga dengan demikian ada tambahan tempat tidur baru lengkap dengan peralatan lengkap dengan dokter serta perawat berpenglamanan untuk bisa melayani para pasien yang sakit di DKI jakarta, “ungkapnya.
Langkah ini juga akan berjalan beriringan dengan dibukanya kembali lokasi isolasi di Nagrek dan juga Pasar Rumput yang berkapasitas masing masing 4 ribu dan 3 ribu. Sehingga bisa semakin mengurangi beban di Wisma Atlet yang tingkat keterisiannya sudah sangat tinggi.
“Diharapakan bisa menambah jumlah tempat tidur di Jakarta yang sudah lengkap bersama fasilitasnya, ” tukasnya.
Sementara itu, Budi juga menjelaskan, untuk di Indonesia sendiri jumlah ketersediaan tempat tidur sebenarnya sangat banyak. Sehingga dia meyakini dengan langkah tersebut setidaknya bisa melayani lonjakan pasien.
“Jumlah tempat tidur di Rumah Sakit seluruh Indonesia ada 389 ribu. 30 persen dialokasikan ke covid jadi ada sekitar 130 ribu yang tersedia, ” tutupnya. (RPG)