BARCELONA, HOLOPIS.COM – John McAfee, tokoh perangkat lunak antivirus kontroversial yang baru-baru ini bermasalah beberapa kali dengan undang-undang Amerika Serikat, ditemukan gantung diri pada usia 75 tahun di penjara Spanyol, Rabu (23/6) waktu setempat, hanya berselang beberapa jam sebelum ia melakukan ekstradisi setelah didakwa karena penghindaran pajak di Amerika Serikat tahun lalu.
Pengacaranya mengkonfirmasi bahwa McAfee ditemukan tewas di selnya. “John dulu dan akan selalu dikenang sebagai seorang pejuang,” kata pengacara Nishay Sanan. “Dia mencoba untuk mencintai negara ini tetapi pemerintah AS membuat keberadaannya menjadi tidak mungkin.”
McAfee adalah pendiri McAfee Associates, sebuah perusahaan keamanan yang ia luncurkan pada tahun 1987 yang menjual perangkat lunak antivirus dan kemudian berkembang menjadi vendor keamanan utama McAfee.
Ia meninggalkan perusahaan pada tahun 1994 dan melanjutkan untuk berinvestasi dalam berbagai usaha keamanan dan teknologi. Dua dekade terakhir kehidupan McAfee mendapatkan serangkaian peristiwa yang agak aneh.
Pada 2012, McAfee menghilang setelah melarikan diri dari rumahnya di Belize karena polisi setempat mencoba menanyainya tentang kematian tetangganya. (Dia telah membantah terlibat dalam kematian dan mengklaim dia melarikan diri karena dia takut akan nyawanya.)
Dia menghabiskan waktu di Guatemala, dan kemudian pindah ke Montreal, Kanada, di mana dia mengerjakan sebuah film dokumenter tentang hidupnya. Dia mencalonkan diri sebagai presiden AS pada tahun 2016 sebagai seorang Libertarian, dan meluncurkan produk keamanan baru yang dia sebut “pengubah permainan f—ing.”
Beberapa jam setelah kematiannya, tweet lama John McAfee muncul di internet. Tweet yang diposting pada November 2019, mengatakan: “Saya dapat pesan dari pejabat AS yang mengatakan,’Kami akan mendatangi Anda, Mc Afee! Kami akan membunuh anda’. Saya membuat tato hari ini untuk berjaga-jaga. Jika saya ditemukan bunuh diri, itu bukan saya. Saya dihukum. Periksa lengan kanan saya.” Dan McAfee mengupload foto tato yang bertuliskan “$WHACKD.” dalam tweet tersebut. (RPG)