JAKARTA, HOLOPIS. COM- Seluruh ruang Instalasi Gawat Darurat yang ada di Rumah Sakit di Jakarta diminta untuk merubah fungsinya menjadi ruang isolasi bagi para pasien COVID-19.
Dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, langkah tersebut diambil untuk mengatasi ketersediaan tempat tidur bagi para pasien yang sempat dikeluhkan langka oleh beberapa pihak.
“Kita akan mengubah semua kamar IGD menjadi kamar isolasi sehingga perawatan yang normal bisa dilakukan di sana untuk menampung pasien pasien yang sudah masuk Rumah Sakit mendapatkan perawatan seperti di kamar biasa, ” kata Budi dalam keterangan secara virtual, Jumat (25/6).
Konsekuensi atas langkah tersebut, Budi Gunadi pun memilih agar pasien yang memang khusus untuk gawat darurat dipindahkan ke halaman Rumah Sakit tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
“Untuk layanan IGD kita sudah memutuskan membangun tenda di luar RS supaya yang ingin dicheck masuknya ke tenda dan tidak masuk ke IGD lagi, ” tuturnya.
Bantuan tenda dari BNPB pun menurut Budi, dinyatakan siap untuk dikirimkan ke Rumah Sakit sebagai pengganti ruang Instalasi Gawat Darurat yang telah alih fungsi menjadi ruang isolasi mandiri. (RPG)