JAKARTA, HOLOPIS.COM –  Vaksinasi sedang digaungkan oleh Pemerintah, sebab bisa menjadi salah satu cara menekan laju penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Namun masih banyak masyarakat yang menimbang-nimbang untuk melakukan vaksinasi dikarenakan masih takut efek samping, yang akan dirasakan.
Seperti yang sudah dirasakan banyak orang, efek samping vaksin Covid-19 bisa bersifat ringan. Namun juga bisa juga berbahaya, terutama bagi laki-laki.
Sakit kepala atau nyeri di sekitar bekas suntikan, merupakan hal normal karena tubuh merespons benda asing yang masuk.
Sebelumnya ramai pemberitaan efek samping penggumpalan darah, jadi salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang perlu diwaspadai. Dikutip dari bestlifeonline.com, ada kondisi lain yang juga penting untuk diperhatikan, yaitu miokarditis.
Miokarditis merupakan kondisi saat otot jantung mengalami pembengkakan. Namun kondisi tersebut tidak langsung terjadi, dibutuhkan waktu beberapa hari sampai akhirnya penderita mengalami gejala tersebut.
Dijelaskan gejala miokarditis lebih banyak dialami laki-laki dewasa berusia lebih dari 16 tahun. Penderita yang mengalami efek samping tersebut biasanya datang dengan keluhan nyeri dada.
Hingga saat ini hubungan miokarditis dan efek samping vaksin Covid-19 masih terus diteliti. Namun hal ini penting untuk diwaspada, gejala yang muncul biasanya, nyeri dada, sesak napas, detak jantung meningkat, dan lain sebagainya.
Ada baiknya jika akan melakukan vaksinasi hindari melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat secara berlebihan, dan hindari dehidrasi dengan minum banyak air putih. Tetap minum 8 gelas air putih per hari, apalagi saat cuaca panas.