Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Beretika di Media Sosial, Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

TANA TORAJA, HOLOPIS.COM – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 11 Juni 2021 di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Adapun tema kali adalah “Aman dan Nyaman dalam Bermedia Sosial.”
Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Riant Raafi selaku pemilik Plaza-bisnis.com, Putri Damayanti Potabuga selaku pendiri Climate Institute, Andi Fauziah Astrid selaku Dosen Jurnalistik UIN Makassar, dan Muhammad Khairil selaku Pemeriksa Fakta Senior Mafindo. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Febrina Stevani selaku konsultan komunikasi. Episode kali ini diikuti oleh 219 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.
Pemateri pertama, Riant Raafi, mengantarkan materi “Digital Skills: Positif, Kreatif, dan Aman di Internet”. Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membuat konten positif dan kreatif di Internet. Beberapa diantaranya adalah membuat video, mengedit, dan mengasah kemampuan menulis. “Yang tak kalah penting lagi adalah meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum,” imbuhnya.
Sementara itu, Putri Damayanti Potabuga sebagai narasumber kedua, memaparkan materi tentang etika digital. Menurut Putri, ada beberapa prinsip etika penerimaan berita di media sosial. Pertama, saring sebelum menyukai dan berbagi kiriman. Kedua, baca dan pikirkan ulang. Ketiga, memakai bahasa dan etika penulisan yang baik. “Terakhir, laporkan atau blocked jika ada akun yang menyebarkan kebencian, pornografi, dan SARA,” tegasnya.
Andi Fauziah Astrid sebagai pemateri ketiga memaparkan tentang “Digital Culture: Bahasa Baik di Media Digital.” Menurut Fauziah, bahasa yang baik dan benar di dunia digital merupakan integrasi sila kedua dan ketiga Pancasila. “Kita harus memahami aturan di dunia digital, ciptakan ruang debat yang sehat, dan bukan semata tren,” ujarnya.
Pembicara terakhir, Muhammad Khairil mengusung materi “Digital Safety: Kenali dan Pahami Rekam Jejak di Era Digital.” Dalam presentasinya, Khairil mengingatkan agar pengguna internet dapat mengamankan rekam jejak digital mereka “Tinggalkan jejak digital yang positif agar aman dan nyaman dalam berinternet,” kata dia.
Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Terlihat antusias dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi sepuluh penanya terpilih.
Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.
Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru