Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sinovac Klaim Suntikan Ketiga Vaksin Perkuat Imun Tubuh Hingga 20 Kali Lipat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kepala produsen vaksin Sinovac, Yin Weidong, mengklaim suntikan vaksin Corona ketiga bisa meningkatkan respons imun tubuh hingga dua puluh kali lipat.
Hal tersebut diungkap Yin dalam uji klinis fase II usai relawan menerima suntikan ketiga vaksin Sinovac pasca tiga hingga enam bulan.
“Respons antibodi di dalam tubuh mereka bisa melonjak sepuluh kali lipat dalam seminggu dan dua puluh kali lipat dalam 15 hari,” kata Yin dilansir dari Global Times, Kamis (10/6/2021).
“Namun, Sinovac akan melakukan penelitian yang lebih menyeluruh dan lebih lama untuk menentukan waktu terbaik untuk menerima booster bagi masyarakat umum,” sambung Yin.
Yin menjelaskan, setelah menerima dua dosis vaksin Corona, tubuh menghasilkan memori kekebalan. Sementara, kapan tepatnya dosis ketiga vaksin Corona dibutuhkan masih dipelajari para peneliti.
Menurut juru bicara Liu Pericheng studi imunogenisitas terkait vaksin Sinovac terhadap varian baru Corona tengah berlangsung. Menurutnya, inactivated vaccine Sinovac memiliki rute proses yang matang.
Secara teori, strain-strain baru Corona seharusnya tidak berdampak pada rute proses efektifnya vaksin Sinovac. Meski begitu, Sinovac akan tetap melakukan uji coba skala kecil untuk memastikan hal tersebut.
Sementara itu, otoritas China tengah memperhitungkan kapan mereka akan memberikan vaksin Corona ketiga atau vaksin booster kepada masyarakatnya. Perhitungan berdasarkan analisis kelompok awal vaksinasi untuk memerangi strain atau mutasi baru Corona.
“Data dari orang yang divaksinasi enam bulan lalu sekarang sedang dianalisis, dan hasil awal menunjukkan bahwa tingkat antibodi untuk sekitar setengah dari mereka masih baik,” jelas Shao Yiming, seorang dokter terkemuka dan ahli imunologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengatakan kepada media.
“Dengan dukungan data ilmiah, kami akan menentukan kapan orang yang sudah lama divaksinasi harus diberikan suntikan booster,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru