Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Negara Malta Umumkan Capai Herd Immunity, Terbebas dari COVID-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Negara Malta mengklaim telah mencapai Herd Immunitiy sehingga negara itu menyatakan terbebas dari Covid-19.
Salah satu negaradi Uni Eropa itu mengaku berhasil mencatat nol kasus virus Corona. Catatan yang dilaporkan saat pelonggaran pembatasan tengah berlaku, seperti bar dan bioskop yang diperbolehkan kembali beroperasi.
Setidaknya, 11 bulan lalu, tepatnya 25 Juli 2020, Malta juga sempat melaporkan nol kasus COVID-19. Namun, tak lama setelahnya, kasus Corona mulai kembali melonjak di Maret dengan catatan 510 kasus.
Berkaca pada pengalaman tersebut, Menteri Kesehatan pulau Mediterania tersebut mendesak agar warga tetap berhati-hati demi mencegah Corona kembali mewabah.
“Hari ini adalah hari pertama dengan nol kasus Corona sejak musim panas lalu. Sangat penting bahwa kita menjaga disiplin dan tanggung jawab,” tulis menteri Chris Fearne di Twitter, dikutip dari US News.
Malta, dalam program vaksinasi di Uni Eropa, menjadi salah satu yang terdepan. Ada lebih dari setengah populasi usia dewasa yang sudah divaksinasi lengkap dan 75 persen telah menerima dosis pertama vaksin Corona.
Karenanya, negara ini mengklaim herd immunity sudah tercapai. Bahkan disebut-sebut aturan memakai masker di luar ruangan sudah tak lagi diwajibkan mulai 1 Juli mendatang.
Meski begitu, antisipasi terkait perhitungan transmisi lokal penularan Corona masih menjadi pertimbangan. Yang jelas, pembatasan aktivitas gym, kolam renang, hingga jam buka restoran sudah dilonggarkan.
“Malta telah memvaksinasi 70 persen populasi orang dewasa dengan setidaknya satu suntikan COVID-19, menjadi negara Uni Eropa pertama yang mencapai apa yang disebut herd immunity,” jelas Menteri Kesehatan Chris Fearne, dikutip dari Reuters Selasa (25/5/2021).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru