Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Berseteru dengan Puan, Elektabilitas Ganjar Bisa Naik Lagi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pakar Komunikasi Politik Univesitas Paramadina Hendri Satrio menilai konflik yang terjadi antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan beberapa petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan besar justru malah merugikan sang Gubernur.
Pasalnya, sistem politik Indonesia, khususnya terkait pemilu presiden, masih sangat bergantung pada sistem kepartaian.
“Elektabilitas Ganjar bisa naik jika banyak simpati tapi simpati nggak ada gunanya dengan sistem politik sekarang, karena simpati tidak bisa menghasilkan tiket politik,” kata Hendri, Senin (24/5).
Pendukung Sang Gubernur Jateng dan masyarakat lainnya justru akan wait and see alias hanya menunggu dan memantau bagaimana keputusan PDIP selanjutnya menjelang Pilpres 2024.
Senada, Direktur Esekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai posisi Ganjar Pranowo lemah jika dilihat dari sudut pandang kepartaian.
Pasalnya, yang berkonflik dengannya memiliki posisi yang lebih strategis di dalam partai yaitu Bambang Wuryanto yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) PDIP dan Puan Maharani, sang Ketua DPP PDIP.
“Ibaratnya, salah satu orang terdekat Bu Mega dalam pengambilan keputusan, yang bisa kasih masukan pendapat ya Mba Puan. Jadi kalau dua orang itu tidak cocok, tidak happy dengan Mas Ganjar ya maka berapapun elektabilitasnya, Mas Ganjar sulit untuk menjadi calon (presiden),” ujar Qodari. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru