Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WhatsApp Blokir Jurnalis Gaza yang tergabung dalam Grup Hamas Media

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Belasan jurnalis di Jalur Gaza, Palestina, mengeluhkan bahwa akun WhatsApp mereka diblokir beberapa jam setelah Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata pada pekan lalu.
Associated Press melaporkan bahwa mereka menghubungi setidaknya 17 jurnalis Gaza yang mengaku bahwa mereka tak dapat mengakses WhatsApp sejak pekan lalu.
Para jurnalis mengeluh karena selama ini WhatsApp merupakan sarana komunikasi utama mereka agar bisa mendapatkan informasi dari editor dan sumber-sumber mereka di kawasan perang tersebut.
Para jurnalis itu mengaku sudah tidak dapat mengakses WhatsApp sejak Jumat pekan lalu. Hingga Senin (24/5), baru empat orang yang akhirnya bisa mengakses WhatsApp.
Setidaknya 12 dari 17 jurnalis itu bergabung dalam grup percakapan untuk berbagi informasi mengenai operasi militer Hamas.
Salah satu jurnalis lepas yang kini tak bisa mengakses WhatsApp, Hassan Slaieh, menduga akunnya diblokir karena bergabung dalam grup bernama Hamas Media tersebut.
“Ini berdampak pada pekerjaan dan pemasukan saya karena saya kehilangan kontak dengan sumber dan orang-orang lainnya,” ucap Slaieh.
Hamas sendiri merupakan faksi Palestina yang menguasai Jalur Gaza. Mereka dilabeli sebagai organisasi teroris oleh Israel dan Amerika Serikat, di mana markas perusahaan induk WhatsApp, Facebook, kini berada.
Seorang juru bicara WhatsApp mengatakan bahwa perusahaannya memblokir akun-akun WhatsApp itu sesuai dengan kebijakan “untuk mencegah kekerasan dan sesuai dengan aturan.”
WhatsApp juga mengaku sudah berkoordinasi dengan kantor-kantor media selama sepekan belakangan mengenai keputusan tersebut.
“Kami akan memberikan akses kembali kepada para jurnalis jika mereka terkena dampak kebijakan tersebut,” demikian pernyataan WhatsApp.
Dua jurnalis dari Agence Frane-Presse (AFP) juga mengaku sudah berhubungan dengan WhatsApp untuk mengatur agar akun mereka tak lagi diblokir.
Belakangan, memang kerap muncul laporan mengenai grup-grup WhatsApp yang digunakan untuk memicu kekerasan.
The New York Times juga melaporkan bahwa ada setidaknya 100 grup WhatsApp yang digunakan oleh kelompok ekstremis Yahudi di Israel untuk menggalang kekuatan melawan warga Palestina di negara mereka. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru