Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Klaster Covid-19 Baru Muncul di Indonesia Dalam Sepekan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai klaster Covid-19 di berbagai tempat.
“Pertama dimulai dari adanya klaster perkantoran. Kedua, klaster bukber. Ketiga, klaster tarawih di Banyumas. Keempat, klaster mudik di Pati, dan klaster takziah di Semarang,” kata dr Nadia dalam konferensi pers Kemenkes, Jumat (30/4).
“Tentunya ini sangat mengkhawatirkan kita karena kemungkinan terjadinya superspreader terjadi,” sambungnya.
dr Nadia memaparkan ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi munculnya lima klaster Covid-19 dalam sepekan. Salah satunya ketidakdisiplinan masyarakat dalam prokes.
Dalam kasus klaster tarawih di Banyumas, dilaporkan 51 orang tertular Covid-19 usai satu orang jamaah tetap berangkat ke masjid meski sudah sakit Covid-19. Sedangkan dalam kasus klaster Pati, pemudik colongan mengadakan acara makan bersama setelah tarawih dan menulari 39 orang.
“Kita juga harus tahu kalau dalam kondisi kesehatan yang kurang baik ya sebaiknya tidak atau menunda sampai kita sehat untuk berangkat shalat tarawih,” tegas dr Nadia.
Selain aktivitas tarawih, buka puasa bersama di bulan Ramadhan juga perlu menjadi perhatian. Meski buka puasa bersama tahun ini dibolehkan, protokol kesehatan tetap harus dijalankan.
“Pada prinsipnya, makan bersama jadi faktor yang sangat memungkinkan menjadi faktor penularan bersama,” pungkasnya. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru