Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

5 Fakta Menarik Film Nomadland yang Mentereng di Oscar 2021

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Film Nomadland berhasil membawa pulang piala penghargaan terbanyak di ajang Oscar 2021. Film arahan Chloe Zhao ini keluar sebagai pemenang di tiga kategori bergengsi Oscar yakni film terbaik, sutradara terbaik dan aktris utama terbaik.
Film Nomadland mengisahkan kehidupan para pengembara dengan tokoh utama bernama Fern (Frances McDormand). Kisah tersebut diadaptasi dari novel karangan terbitan 2017 karangan Jessica Bruder yang terinspirasi dari fenomena nyata.
Tak hanya unggul dari jalan cerita, akting para pemain dalam film ini termasuk pemain utamanya juga tampil memukau hingga mengantar Frances McDormand meraih piala Oscar.
Berikut beberapa fakta menarik film Nomadland yang mentereng di Oscar 2021:
1. Diadaptasi dari Novel Karangan Jessica Bruder
Film Nomadland secara garis besar bercerita tentang kehidupan para pengembara. Tokoh utamanya bernama Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa-masa sulit setelah kematian suaminya. Situasi kian parah karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah pabrik gipsum di kotanya tutup.
Ia pun memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya. Fern kemudian membeli mobil RV untuk pindah ke kota lain demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah.
Lewat seorang rekan, Fern mendapat undangan untuk menghadiri pertemuan musim dingin gurun pasir di Arizona yang diselenggarakan oleh Bob Wells. Acara itu merupakan ajang pertemuan untuk komunitas sesama pengembara.
Kisah itu rupanya diadaptasi dari buku berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karangan Jessica Bruder. Buku itu merupakan perpanjangan dari liputan yang pernah ia rilis pada 2014 untuk Harper’s Magazine.
Buku ini berisi dari kisah para tunawisma berusia paruh baya di Amerika Serikat yang tinggal di lahan-lahan kosong beratapkan mobil, van, atau tenda.
2. Merajai Oscar dengan Tiga Nominasi
Perhelatan Oscar 2021 yang rampung digelar pada Minggu (25/4) waktu setempat memberikan enam nominasi untuk Nomadland, yaitu Best Picture, Best Actress, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, dan Best Film Editing.
Dari enam nominasi tersebut, Nomadland berhasil membawa pulang tiga diantaranya yakni untuk kategori film terbaik (Best Picture), sutradara terbaik (Best Director) dan aktris utama terbaik (Best Actress).
Tak hanya merajai Oscar, Nomadland juga berhasil menyabet dua piala di kategori film dan sutradara terbaik di ajang Golden Globe Awards 2021.
3. Chloe Zhao Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama Menang Oscar
Berkat kemenangan Nomadland di kategori sutradara terbaik, nama Chloe Zhao ikut terangkat. Ia pun dinobatkan sebagai perempuan Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori tersebut.
Sebelumnya, Chloe Zhao juga memenangkan kategori sutradara terbaik Golden Globe 2021. Kemenangan ini juga menobatkan Chloe Zhao sebagai perempuan Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Golden Globe.
4. Frances McDormand Jadi Satu-satunya Aktris Profesional di Nomadland
Frances McDorman merupakan aktris utama film Nomadland yang berperan sebagai seorang perempuan bernama Fern. Frances McDorman merupakan satu-satunya aktris profesional dalam film ini.
Selain Frances sebagai pemeran utama, para pemeran pendukung dan figuran di film ini merupakan anggota komunitas nomad atau tunawisma yang dikenal oleh Bruder dan Zhao. Mereka tampil menggunakan nama asli seperti Linda May, Gay DeForest dan masih banyak lain.
5. Pengerjaan Nomadland Melibatkan Sedikit Kru
Menurut laman Buzzfeed, Chloe Zhao bersama tim produksi Nomadland menyelesaikan film ini dengan melibatkan kru yang berjumlah 25 orang.
Hal ini berbeda dengan proses produksi film pada umumnya yang bisa melibatkan 80-120 orang kru. Meski hanya mempekerjakan sedikit kru di lokasi syuting, film ini pun berjalan dengan lancar. (zik)

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kisah Cinta Charlie Puth, Hingga Nikahi Teman Masa Kecil

Penyanyi populer Charlie Puth mematahkan hati banyak penggemarnya ketika ia menikahi sang kekasih, Brooke Sansone.

Yovie & Nuno Ajak Duet Kadishub DKJ dan Bos Transjakarta : Janji Suci

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagai kelompok musisi, Yovie & Nuno...

IShowSpeed Pecahkan Rekor 1 Juta Views Live Streaming di Indonesia, Gokil!

Youtuber ternama asal Amerika Serikat IShowSpeed berkunjung ke Indonesia dan melakukan live streaming bersama masyarakat Tanah Air. Tak disangka bahwa kehadirannya itu turut memecahkan rekor di dunia per-Youtube-an Indonesia, dengan sukses meneembus 1 juta views ketika melakukan live streaming.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru