Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menteri PPA Dorong Perempuan Indonesia Mengimbangi Kemampuan Wirasuaha Dengan Teknologi Digital

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Pemerintah mendorong agar para perempuan di Indonesia mampu mengimbangi kemampuan wirasuaha mereka dengan teknologi digital yang saat ini semakin berkembang.
Dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Bintang Darmawati, data perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dan besar di Indonesia tahun 2014 s.d. 2018, dari seluruh jenis usaha yang ada di Indonesia 99,99% nya merupakan usaha mikro kecil menengah, dan lebih dari 50% usaha kecil tersebut dimiliki dan dikelola oleh perempuan.
“Dengan potensi kewirausahaan perempuan yang luar biasa jika diimbangi dengan kemampuan penggunaan teknologi digital akan meningkatkan perkembangan ekonomi yang pesat,” kata Bintang Darmawati di Jakarta, Rabu (21/4).
lanjut dijelaskannya, berdasarkan data Bank Indonesia Juni tahun 2020 penjualan e-commerce di Indonesia meningkat 18% pada masa penduduk. Mengutip hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap pelaku usaha yang dilakukan Badan Pusat Statistik Tahun 2020, Menteri Bintang menggambarkan bahwa 4 dari 5 pelaku usaha yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk pemasaran via online mendapatkan pengaruh yang positif bagi penjualan mereka.
“Untuk itu dalam rangka menjalankan prioriitas Presiden yang pertama pemanfaatan teknologi informasi menjadi sangat esensial,” tegasnya.
Oleh karena itu, peningkatan kemampuan bagi para perempuan pelaku usaha dalam penggunaan teknologi terkini, menurut Menteri Bintang menjadi hal yang krusial. Selain itu, sejak 2011 Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan berupa pencanangan wirausaha nasional dukungan pemerintah terhadap UMKM.
“Salah satu arahan beliau adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas khususnya bagi perempuan. Bahkan, Presiden memberi amanat Kementerian PPPA untuk melakukan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender perempuan,”tambahnya.
Oleh karena itu, pihaknya pun mengajak seluruh masyrakat bersama-sama terus memberikan kesempatan bagi perempuan membuka berbagai kesempatan baru. “Semua perempuan baik yang lahir di kota maupun di desa tanpa memandang latar belakang termasuk rumpun penyintas dan disabilitas berhak untuk maju bermimpi setinggi-tingginya dan mewujudkannya Indonesia Maju,” pungkasnya. (STV)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru