Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II Diumumkan Besok?

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II masih ditunggu masyarakat. Presiden Joko Widodo hingga saat ini belum memberikan keterangan mengenai reshuffle tersebut, namun jika melihat reshuffle sebelumnya, ada kemungkinan besok Rabu 21 April 2021 menjadi momen pengumuman reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II.
Besok, 21 April 2021 adalah Rabu Pahing, hari Pasaran Jawa yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengumumkan reshuffle kabinet.
Terkait reshuffle jilid II kepemimpinan Jokowi periode 2019-2024, awalnya disebut-sebut akan dilakukan pekan kemarin. Namun reshuffle tak kunjung diumumkan hingga berganti pekan.
Jika merujuk hari Pasaran Jawa, Rabu pekan lalu, 14 April 2021, adalah Rabu Kliwon. Presiden Jokowi memang tidak pernah mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Kliwon.
Sejak memimpin tahun 2014-2019, setidaknya ada dua hari yang menjadi momentum Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle, yakni Rabu Pahing dan Rabu Pon. Dari lima kali reshuffle kabinet Jokowi, empat reshuffle dilakukan pada periode 2014-2019, sisanya periode sekarang.
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabali angkat bicara. Ngabalin meyakini reshuffle akan diumumkan tak lama lagi.
“Tunggu aja, sebentar lagi. Nggak lama lagi, insyaallah,” kata Ngabalin, Selasa (20/4).
Terkait anggota kabinet yang di-reshuffle, informasi yang diterima, Senin (19/4), ada enam menteri yang sedang dikaji untuk di-reshuffle. Selain itu, ada satu kepala badan yang sedang dipertimbangkan Jokowi untuk diganti.
Enam posisi menteri tersebut termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Namun soal nama-nama yang dipertimbangkan untuk diganti masih samar.
Soal kandidat menteri baru, sejauh ini ada dua orang yang secara terbuka mengakui dipanggil Istana di tengah isu reshuffle, yaitu anggota DPR Fraksi NasDem Rapsel Ali dan tokoh muda NU Witjaksono. Keduanya dikabarkan menjadi kandidat Menteri Investasi. Namun berembus juga kabar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjadi salah seorang kandidat.
Selain itu, seperti yang sudah diketahui, elite PKB Luqman Hakim, partai koalisi pemerintah, menyebut menteri yang bakal di-reshuffle berinisial M. Setidaknya ada empat anggota kabinet yang inisialnya M, yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.
Kemudian spekulasi PAN masuk koalisi. Spekulasi ini sejalan dengan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle. PAN disebut akan mengisi pos Menko PMK atau Menteri Perhubungan (Menhub). Menko PMK kini dijabat Muhadjir Effendy, sedangkan Menhub diemban Budi Karya Sumadi. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru