PORTUGAL, HOLOPISCOM – Rider Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo berhasil menduduki posisi puncak di Portugis GP 2021, Minggu (18/4).
Sementara itu, rider Repsol Honda Marc Marquez yang comeback setelah absen selama satu musim akibat cedera, harus puas di posisi 7.
Seri ketiga MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Internasional Algarve (Autódromo Internacional do Algarve) atau Sirkuit Portimao, Portugal ini cukup menarik, karena banyak aksi saling salip dan banyak pembalap yang mengalami crash termasuk rider Petronas Yamaha Valentino Rossi. Rossi mengalami crash di tikungan kesebelas lap ke-16,
Insiden crash ini diawali dengan jatuhnya Jack Miller di turn 3 pada lap ke-6, kemudian Miguel Oliveira jatuh di lap ke-7 tikungan keempat belas.
Kemudian rider Suzuki Alex Rins jatuh di lap ke-19, hingga Johann Zarco di lap ke-19. Pebalap lain yang tidak bisa melanjutkan balapan adalah Pol Espargaro, yang motornya mengalami trouble di lap ke-5.
Balap MotoGP Portugal berjalan cukup menarik. Johann Zarco langsung memimpin di awal-awal lap, bersama duo Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir.
Fabio Quartararo yang memulai balap dari pole position, harus tercecer dulu, hingga akhirnya bisa menyalip Alex Rins di lap ke-9 dan mapan di posisi satu sampai balapan berakhir. El Diablo finis pertama dengan jarak sekitar 4 detik di depan ‘Peco’ Bagnaia dan diikuti Joan Mir yang mengklaim posisi tiga.
Pada seri ketiga ini, Quartararo sudah unggul di dua seri yang sebelumnya ia juga menjadi juara di MotoGP Doha. Sedangkan pabrikan Yamaha berhasil menjuarai ketiga seri. Pada MotoGP pertama musim ini, melalui ridernya Maverick Vinales yang menjuarai MotoGP Qatar.
Berikut hasil MotoGP Portugal 2021:
1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
4. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
5. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
6. Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP)
7. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
8. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
9. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
10. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
11. Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
12. Luca Marini ITA Sky VR46 Avintia Ducati (GP19)
13. Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
14. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
15. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
16. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)