Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pemerintah Permudah Vaksinasi Bagi Lansia, tak Perlu Lagi Keterangan Domisili

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah mengoptimalkan vaksinasi bagi lanjut usia (lansia), khususnya kelompok umur 60 tahun ke atas. Vaksinasi bagi lansia bertujuan untuk meminimalisasi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 karena kelompok lansia memiliki fatality rate tinggi terhadap paparan Covid-19.
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut saat ini telah ada sejumlah kemudahan dalam rangka mengakselerasi dan membantu lansia mendapatkan akses vaksinasi.
“Kini lansia bisa mendatangi pos-pos pelayanan vaksinasi ataupun sentral vaksinasi tanpa perlu keterangan domisili lagi. Kita mengharapkan, minimum 90 persen lansia sudah kita berikan vaksinasi dosis pertama di akhir Juni, dikutip cnnindonesia.com, Selasa (6/4).
“Kita sudah membuka begitu banyak sentra vaksinasi baik itu yang ada di Puskesmas maupun juga di beberapa pos-pos layanan vaksinasi milik pemerintah,” terang Siti.
Akselerasi vaksinasi terhadap lansia memang diperlukan mengingat tingkat partisipasinya yang masih di angka 8,2 persen secara nasional. Menurut Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Satari ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut rendahnya partisipasi lansia dalam vaksinasi.
“Ada faktor ketakutan dan keraguan, yang selama ini jadi faktor utama bagi para lansia untuk mendatangi tempat-tempat vaksinasi,” ujarnya.
Menurut Hindra, vaksinasi Covid-19 telah mencakup 145 juta jiwa di seluruh dunia. Vaksin yang disuntikan juga aman dan tidak berbahaya, meski ada beberapa laporan keluhan usai mendapat vaksin.
“Memang sudah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dilaporkan. Namun saya bisa pastikan, KIPI ini adalah reaksi alamiah yang wajar. Ini terjadi pada setiap imunisasi yang artinya vaksin tersebut aman dan dapat diberikan bagi lansia,” jelasnya.
Alasan mengapa vaksinasi bagi lansia sangatlah penting, juga diungkapkan dr. Dirga Sakti Rambe, dokter spesialis penyakit dalam/vaksinolog.
Kata dia, satu dari tiga pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit merupakan golongan lansia.
“Itulah alasan, mengapa kita sangat menginginkan memperbanyak cakupan vaksinasi bagi golongan lansia ini, karena kita harus melindungi orang tua kita dengan segera,” terang Dirga.
Terakhir Dirga menyampaikan bahwa sampai saat ini vaksin itu aman, efektif, halal, dan gratis. Untuk itu dia menilai tidak ada alasan untuk masyarakat menolak vaksinasi.
“Ayo kita proaktif sebagai anak dan sebagai anak muda, pengurus RT/RW, untuk membawa atau mendaftarkan lansia agar bisa segera divaksinasi,” ucapnya. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru