Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Perkuat Jaringan Internet, Pemerintah Akan Bangun 5.053 BTS

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Guna mendukung pembangunan infrastruktur digital dan memperluas jaringan internet ke seluruh Indonesia, pemerintah berencana akan membangun 5.053 Base Transceiver Station (BTS).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, BTS ini dapat mengoneksi titik blank spot di 12 ribu titik layanan publik yang belum mempunyai koneksi internet.
“Pemerintah menyiapkan anggaran Rp26,9 triliun untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada 2021. Transformasi ekonomi digital itu akan terjadi apabila ada infrastrukturnya,” kata Sri dalam Webinar Indonesia Data and Economic Conference 2021 di Jakarta, Selasa (23/3/2021).
Menurut Sri Mulyani, pembangunan BTS tersebut akan membuat fasilitas publik seperti puskesmas, sekolah dan desa yang selama ini belum terkoneksi, bisa ikut menikmati akses internet.
Kementerian Keuangan lanjutnya, juga siap bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mentransfer dana pulsa bagi sekolah yang membutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar terutama selama masa pandemi.
Sri Mulyani mengatakan konektivitas internet sangat penting untuk mewujudkan transformasi digital dan kondisi tersebut tidak menjadi masalah di kota-kota besar Indonesia yang mempunyai akses komunikasi luas.
Namun, masih banyak daerah yang mengalami persoalan jaringan dan kesulitan untuk mendapatkan akses internet yang memadai, terutama di luar Jawa, karena belum adanya sarana infrastruktur fisik yang berkualitas.
Untuk itu, melalui anggaran untuk infrastruktur TIK yang optimal di 2021, ia mengharapkan, konektivitas internet akan semakin luas terutama di daerah-daerah yang terluar, terpencil dan tertinggal.
Sebagai informasi, BTS adalah struktur telekomunikasi yang menyediakan komunikasi nirkabel antara alat komunikasi (telepon,modem, telepon selular) dan jaringan operator dan memancarkan sinyal elektromagnetik/radio frekuensi rendah. Karena peran dari si BTS inilah kita bisa berselancar di dunia maya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru