Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Topeng Emas Berusia 3000 Tahun ditemukan di Barat daya Tiongkok

TIONGKOK, HOLOPIS.COM – Sisa-sisa dari topeng emas ada di antara artifak-artifak berusia 3000 tahun, ditemukan oleh para arkeolog di provinsi Sichuan, Tiongkok.
Dengan berat sekitar 280 gram, topeng ini terbuat dari 84% emas. Topeng yang digunakan untuk upacara ini adalah salah satu dari 500 benda yang diperkirakan digunakan untuk “upacara lubang pengorbanan” menurut Administrasi Warisan Budaya Nasional di Tiongkok.
beberapa ahli mengatakan, penemuan ini bisa menjadi pelengkap bukti zaman kerajaan Shu, sebuah kerajaan yang menguasai daerah barat Sichuan sampai akhirnya dijajah pada tahun 316 SM.
Photo: Shen Bohan/Sinhua/SipaUSA
Selain topeng emas, para arkeolog juga menemukan perunggu, foil emas, dan artefak yang terbuat dari gading, giok, dan tulang.
Sejak tahun 1920-an, sudah ditemukan lebih dari 50.000 artefak di daerah Sanxingdui ketika petani lokal tidak sengaja menemukannya di beberapa titik. Penemuan terbesar pun terjadi pada tahun 1986, dimana ditemukannya dua lubang upacara pengorbanan dan menemukan lebih dari 1000 benda termasuk topeng perunggu dengan keadaan yang masih baik.
Wakil direktur Administrasi Warisan Budaya Nasional, Song Xinchao mengatakan penemuan terbaru ini memperkayan dan memperdalam pemahaman budaya dari Sanxingdui.
Walaupun belum diakui UNESCO sebagai warisan budaya, Sanxingdui berada di daftar untuk budaya yang akan diakui, dan penemuan ini dianggap representatif yang baik untuk menggambarkan jaman perunggu peradaban Tiongkok, Asia Timur, hingga seluruh dunia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru