Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hindari Pembajakan Akun Whatsapp, Ini Saran Dari Dittipidsiber

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Banyak pihak yang tidak bertanggun jawab, mengambil alih akun Whatsapp. Oleh sebab itu, para pengguna aplikasi WhatsApp selalu waspada.
Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri dalam akun resminya, menghimbau agar berhati hati jika menerima pesan permintaan OTP (One Time Password).
“Jika Anda mendapatkan pesan teks dari Whatsapp, Jangan bagikan kode yang ada dapatkan dan jangan klik link tersebut,” tulis Siber Polri dalam akun resminya.
Selain itu, Modus yang paling sering digunakan adalah dengan memindai (scanning) QR Code yang tersedia pada fitur Whatsapp Web di ponsel.
“Si Pembajak Whatsapp akan menggunakan akun anda untuk melakukan beragam hal, seperti meminta uang, meminta pulsa, atau bahkan melakukan romance scam“.
Untuk menghindari Pembajak Whatsapp, Dittipidsiber Bareskrim Mabes Polri berikan beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti :
1. Aktifkan fitur “Lock Whatsapp”
Salah satu fitur keamanan terkini yang disematkan Whatsapp adalah fitur pengunci layar. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui bagian ‘setting’, ‘privacy’, lalu aktifkan fitur ‘screen lock’.
2. Ubah “Last Seen” anda menjadi “Nobody
Bagi orang yang benar-benar jahil, informasi status online anda bisa menjadi sangat berguna bagi mereka. Mereka bisa saja memelajari aktifitas anda di Whatsapp. Ketika mereka berhasil mengambil alih akun anda, mereka akan mengikuti kebiasaan waktu online anda.
3. Atur “Profile Photo” anda menjadi “My Contacts” Hati-hati juga dengan profile picture anda. Bisa jadi, orang yang tidak dikenal bisa dengan mudah menggunakan gambar anda di akun whatsapp lain.
4. “Deactivate Whatsapp” ketika ponsel anda hilang
5. Jangan lupa log out Whatsapp setelah selesai menggunakan fitur “Whatsapp Web”.                        Fitur Whatsap Web seringkali memakan korban, apalagi saat penggunanya tidak segera ‘log out’ sehabis menggunakan fitur ini. Terlebih, ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk mirroring Whatsapp. Biasanya, hal ini bisa dilakukan oleh orang terdekat atau orang yang punya akses untuk menggenggam ponsel anda.
Dittipidsiber adalah satuan kerja yang berada di bawah Bareskrim Polri, dan bertugas melakukan penegakan hukum terhadap kejahatan siber.
Secara umum, Dittipidsiber menangani dua kelompok kejahatan, yaitu computer crime dan computer-related crime.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.

SBY Sambangi Prabowo Subianto Jelang Pelantikan

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak mendatangi kediaman Prabowo Subianto di kawasan Kertanegara, Jakarta.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru