Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsEkobizMenparekraf: Program Exotisme Lombok Dapat Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia

Menparekraf: Program Exotisme Lombok Dapat Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia

NTB, HOLOPIS. COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno menyebut pihaknya baru saja menyelesaikan program ‘Exotisme Lombok’ yang diharapkan dapat membangkitkan UMKM lokal baik di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Kami baru saja menyelesaikan event Exotisme Lombok, yang diluncurkan sebagai gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaSaja bersama dengan Menkomarves Luhut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, juga dihadiri oleh Gubernur NTB sebagai tuan rumah Zulkieflimansyah, Wamenparekraf Angela Tanosudibyo,” ujar Sandiaga Uno, Rabu (3/3).
Sandi melanjutkan, program tersebut adalah merupakan wujud nyata, bahwa keberpihakan kita kepada usaha kreatif lokal dan pembukaan karya kreatif Indonesia. Dengan tema Exotisme Lombok ini merupakan wujud kerja pemerintah yang hari ini di host oleh Bank Indonesia.
Gerakan nasional bangga buatan Indonesia kata Sandiaga Uno sudah dicanangkan Presiden RI sejak awal 2020 dan terbukti berhasil membantu UMKM agar bisa bangkit.
“Ekonomi kita butuh dorong-dorongan. Dari data 2021 tidak kurang dari 4,1 juta UMKM sudah on boarding, dua kali lipat dari target awal 2 juta UMKM. On boarding saja tidak cukup, tantangan berikutnya adalah bagaimana bisa membantu UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan nilai transaksi,” ujar Sandiaga Uno.
Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengunjungi tidak hanya penjualan offline yang terkendala pandemi Covid-19 namun juga transaksi online melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah sebab pandemi ini justru menjadi kesempatan untuk mendorong UMKM naik kelas dengan mengakselerasikan on holding digital menjadi pandemic benefit.
Di tahun 2021, Kemenparekraf sedang memahat sejarah, mengawali kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif serta memulihkan ekonomi Indonesia. Dengan semua dukungan KL, dan gerakan nasional bangga buatan Indonesia adalah juga merupakan satu semangat bangga berwisata di Indonesia,
“Ini kolaborasi untuk mensukseskan dan dan langsung fokus mendukung daerah target masing-masing. Bulan lalu Kemenparekraf meluncurkan kampanye beli kreatif danau Toba serta sebelumnya dengan beberapa UMKM meluncurkan Beli kreatif Bali yang di siarkan langsung dari beberapa lokasi di Sumatera Utara dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Beli Kreatif Danau Toba memfasilitasi produk artisanal, subsektor, fashion, kuliner dan kriya. Mendukung danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas,” tutur Sandiaga Uno.
Dalam kesempatan tersebut Menparekraf mengucapkan terima kasih, karena ini tidak mungkin dilaksanakan dengan kolaborasi multi stakeholder.
“Di masa-masa sulit seperti sekarang ini, ternyata kolaborasi, inovasi dan adaptasi ini menjadi kunci keberhasilan, ini juga tiga pilar yang kami usung di Kemenparekraf. Dan program beli kreatif danau Toba dari sisi sektor pariwisata disempurnakan dengan bangga berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaSaja,” lanjut Sandiaga Uno.
Kemenparekraf juga meluncurkan platform jaringan pariwisata JP Hub yang dilengkapi fitur pendataan dan pemetaan destinasi wisata yang lengkap. JP Hub merupakan utilisasi dari program Look, Book, and Pay. Dan ini juga dilengkapi dengan sistem pembayaran digital.
Dan yang tak kalah penting kata Sandiaga Uno, seluruh rangkaian aktifitas ini telah tersertifikasi CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Keberlanjutan Kelestarian Lingkungan).
“Kami juga melihat UMKM harus diberikan semangat agar mereka optimis. Pemerintah bergandengan tangan agar UMKM bertahan untuk bangkit. Jangan segan-segan untuk datang kepada Kemenparekraf agar produk-produk dan program-program yang mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif bisa hadir dan di adaptasi, berinovasi serta berkolaborasi,” ucap Sandiaga Uno.
“Kami tentunya berharap agar Exotisme Lombok ini akan mudah-mudahan memulihkan ekonomi dan pariwisata. Saya yakin dengan kita berpihak serta berbelanja di UMKM Lokal dan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) oleh Bank Indonesia ini merupakan bentuk untuk membangkitkan ekonomi dan memulihkan ekonomi kreatif kita. Selamat untuk NTB, saya sendiri juga memakai produk dari Desa Suka Rare dan beberapa desa wisata yang sudah kami fasilitasi menjadi desa wisata berkelanjutan. Terima kasih Bank Indonesia dan sukses program karya kreatif Indonesia,” tandasnya (Sel)

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Cuan Tambahan Gak Pake Ribet? Coba Aplikasi Freelance Ini Deh

Buat Sobat Holopis yang pengen nambah cuan tapi gak mau ribet cari kerjaan, tenang aja! Zaman now, banyak banget aplikasi freelance yang bisa Sobat manfaatkan untuk dapetin penghasilan tambahan.

Mentan Sebut RI Masih Rawan Dilanda Krisis Pangan

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyebut Indonesia masih berpeluang besar dilanda krisis pangan.

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 KA Tambahan Selama Masa Liburan Sekolah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengoperasikan 8 Kereta Api (KA) jarak jauh tambahan di bulan Juni 2024 untuk...

Sepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/6), setelah sempat rebound pada perdagangan Senin (24/6) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi Nih, Hari Ini Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau turun tajam pada awal perdagangan hari ini, Selasa 25 Juni 2024.

Cuaca Jakarta Cenderung Berawan Seharian, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Selasa 25 Juni 2024.

HOLOPIS FEEDS