Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsEkobizKetua DPR RI: Budaya Adalah Energi Pariwisata

Ketua DPR RI: Budaya Adalah Energi Pariwisata

JAKARTA, HOLOPIS.COM- Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan seni dan budaya menjadi faktor penting dalam membentuk kepribadian bangsa.
“Seni dan budaya merupakan salah satu pilar di dalam membangun kepribadian bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara,” kata Puan saat mengunjungi Sanggar Genjah Arum di kawasan Desa Wisata Osing, yang berlokasi di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Senin (1/3) malam.
Menurut Puan, masyarakat Osing dengan sistem sosial dan budayanya menyimpan banyak kearifan lokal yang bisa menjadi pembelajaran bagi generasi sekarang. “Kita harus merawat budaya lokal warisan leluhur,”tegasnya.
Puan berharap pelestarian seni dan budaya suku Osing juga berdampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat. ” Budaya adalah energi pariwisata. Jadikan ini sebagai modal untuk menarik wisatawan asing datang ke Banyuwangi sehingga bisa menggerakan perekonomian warga setempat,”ujarnya.
Baca juga:Cuti Bersama Dikurangi, Menpar : Wisatawan Pasti Tetap Tumbuh
Kedatangan ketua DPR RI perempuan pertama itu disambut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang didampingi mantan bupati Abdullah Azwar Anas.
Tiba di lokasi, Puan langsung disambut dengan musik lesung yang dimainkan oleh sejumlah perempuan sepuh.
Politisi PDI Perjuangan itu juga ikut men-sangrai kopi Arabica Banyuwangi dengan tungku api tradisional.
Puan Maharani juga menyaksikan dua tarian tradisional suku Osing yakni Tari Gandrung dan Tari Jaran Goyang.
Puan menyampaikan apresiasinya kepada seniman Osing dan Banyuwangi yang terus berkarya ditengah pandemi Covid 19. “Tentu harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar mantan menteri koordinator termuda ini.
Puan juga meminta agar pemerintah terus memperhatikan nasib pelaku budaya dan pariwisata dari dampak pandemi covid 19.(Sel)

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Cuan Tambahan Gak Pake Ribet? Coba Aplikasi Freelance Ini Deh

Buat Sobat Holopis yang pengen nambah cuan tapi gak mau ribet cari kerjaan, tenang aja! Zaman now, banyak banget aplikasi freelance yang bisa Sobat manfaatkan untuk dapetin penghasilan tambahan.

Mentan Sebut RI Masih Rawan Dilanda Krisis Pangan

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyebut Indonesia masih berpeluang besar dilanda krisis pangan.

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 KA Tambahan Selama Masa Liburan Sekolah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengoperasikan 8 Kereta Api (KA) jarak jauh tambahan di bulan Juni 2024 untuk...

Sepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/6), setelah sempat rebound pada perdagangan Senin (24/6) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi Nih, Hari Ini Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau turun tajam pada awal perdagangan hari ini, Selasa 25 Juni 2024.

Cuaca Jakarta Cenderung Berawan Seharian, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Selasa 25 Juni 2024.

HOLOPIS FEEDS