BerandaNewsTeknoIndosat Akuisisi PT. Hutchison 3 Indonesia, Puluhan Ribu BTS...

Indosat Akuisisi PT. Hutchison 3 Indonesia, Puluhan Ribu BTS Bakal Bertambah

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM PT Indosat Tbk secara resmi melakukan merger dan akuisisi terhadap PT Hutchison 3 Indonesia. Dengan langkah tersebut, diperkirakan Indosat akan menambah BTS mereka sesuai dengan komitmen yang telah ditentukan.

ADVERTORIAL SPACE

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, izin penyelenggaraan jasa sistem komunikasi data PT Hutchison 3 Indonesia juga akan dialihkan menjadi izin penyelenggaraan jasa sistem komunikasi data PT Indosat Tbk. Menurut Menkominfo, PT Indosat Tbk setelah merger dan akuisisi wajib memenuhi dua komitmen.

“Yang pertama menambah jumlah site baru paling sedikit sebanyak 11.400 site sampai dengan tahun 2025, sehingga secara total jumlah site PT Indosat Tbk paling sedikit berjumlah 52.885 site di tahun 2025,” kata Johnny, Selasa (4/1).

Komitmen lain berkaitan dengan perluasan cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler paling sedikit sebanyak 7.660 desa dan kelurahan baru sampai dengan tahun 2025. Sehingga secara total cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler PT Indosat Tbk paling sedikit berjumlah 59.538 desa dan kelurahan di tahun 2025.

“Dan meningkatkan kualitas layanan sampai dengan tahun 2025 paling sedikit 12,5% untuk download throughput dan 8% untuk upload throughput,” imbuhnya.

Menurut Johnny, pencabutan seluruh izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan izin penyelenggaraan jasa telekomunikasi PT Hutchison 3 Indonesia, dan penyesuaian atau pemutakhiran izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan izin penyelenggaraan jasa telekomunikasi PT Indosat Tbk, dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait dengan penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko.

Selain itu, Kementerian Kominfo menyetujui pengalihan Izin Pita Frekuensi Radio (IPFR) PT Hutchison 3 Indonesia kepada PT Indosat Tbk beberapa rentang pita frekuensi radio.

“Yang pertama pita frekuensi radio pada rentang 1732,5 sampai 1742,5 MHz berpasangan rentang dengan 1827,5 sampai dengan 1837,5 MHz. Kedua, pita frekuensi radio pada rentang 1920 sampai dengan 1925 MHz berpasangan dengan pita frekuensi radio rentang 2110 sampai dengan 2115 MHz,” ujarnya.

Pada rentang selanjutnya, Kementerian Kominfo pita frekuensi radio pada rentang 1925 sampai dengan 1930 MHz berpasangan dengan pita frekuensi radio pada rentang 2115 sampai dengan 2120 MHz; dan pita frekuensi radio pada rentang 1930 sampai 1935 MHz berpasangan dengan pita frekuensi radio pada rentang 2120 sampai dengan 2125 MHz.

“Pengalihan izin Pita Frekuensi Radio (IPFR), tidak mengubah ketentuan masa laku dan kewajiban pembayaran biaya hak penggunaan spektrum frekuensi radio masing-masing izin penggunaan spektrum frekuensi radio,” terangnya.

Atas persetujuan tersebut, PT Indosat Tbk wajib mengembalikan 5 MHz pita frekuensi radio pada rentang 1975 sampai dengan 1980 MHz berpasangan dengan 2165 sampai 2170 MHz, dengan ketentuan bahwa PT Indosat Tbk masih dapat menggunakan pita frekuensi radio pada rentang 1975 sampai 1980 MHz berpasangan dengan 2165 – 2170 MHz paling lama satu tahun sejak berlakunya Keputusan Menteri atau sampai dengan 4 Januari 2023. “Seluruh Izin Stasiun Radio (ISR) atas nama PT Hutchison 3 Indonesia ditetapkan menjadi atas nama PT Indosat Tbk,” paparnya.

Johnny kemudian menegaskan merger dan akuisisi penyelenggaraan telekomunikasi PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia, tidak mengurangi segala kewajiban kedua opsel tersebut kepada negara, pemerintah maupun pihak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Termasuk dan tidak terbatas pada kewajiban hukum dan pemenuhan hak-hak karyawan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan, serta semaksimal mungkin melindungi dan menjaga sumber daya manusia bangsa Indonesia,” tandasnya.

Selain itu, merger dan akuisisi ini juga tidak mengurangi segala kewajiban Indosat dan H3I kepada negara, pemerintah serta kewajiban hukum dan kepada karyawan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kementerian Kominfo akan melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan, agar pemenuhan komitmen dan kewajiban dalam rangka merger dan akuisisi penyelenggaraan penyediaan layanan telekomunikasi ini terlaksana dengan baik,” tukasnya.

Persetujuan merger dan akuisisi itu termuat dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 7 Tahun 2022 tentang Persetujuan Penggabungan Penyelenggaraan Telekomunikasi PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Aplikasi Karya Anak Bangsa ‘Kipaskipas’, Berikan Pengalaman Berbeda dalam Bermedia Sosial

PT Komunitas Anak Bangsa baru saja meluncurkan aplikasi media sosial baru yang bernama Kipaskipas yang mampu menyatukan penggunanya dengan berbagai macam fitur dalam satu platform.

Pendaftaran IMEI Gadget yang Dibeli dari Marketplace Luar Negeri Tanggung Jawab Ekspedisi

Pendaftaran IMEI merupakan persyaratan yang harus dilalui agar gadget bisa nenangkap sinyal seluler yang tersedia di Indonesia.

China Larang Chipset Komputer dan Server Pemerintah Pakai Buatan Asing

China mengeluarkan kebijakan yang melarang chip komputer dan server milik pemerintah, menggunakan chipset asing.

Terungkap Android 15 Punya Fitur Seperti di iPhone

Android 15 yang rencananya akan segera dirilis pada musim panas 2024, sudah mulai diuji coba sejumlah fitur barunya yakni koneksi melalui satelit.

Android 15 Hadirkan Fitur Audio Sharing, Ternyata Ini Gunanya

Google telah resmi merilis versi Android 15 Developer Preview 2 (DP2), dengan sejumlah fitur baru. Salah satu fitur yang cukup menarik pada versi kali ini adalah fitur Audio Sharing.

Threads Bikin Fitur Trending Now

Threads meluncurkan fitur 'Trending Now', seperti yang ada pada aplikasi X. Fitur ini, diluncurkan aplikasi buata Meta bagi pengguna di Amerika Serikat.

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Hadir dengan Layar Seperti Kertas

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition resmi masuk pasar Indonesia, dengan menampilkan tekstur layar layaknya lembaran kertas.

Begini Spesifikasi Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition hadir, dengan membawa teknologi baru pada tekstur layar layaknya lembaran kertas begini spesifikasi dan harganya.

Snapdragon 8s Gen 3 Bakal Hadir di Poco F6

Qualcomm secara resmi mengumumkan rilis SoC Snapdragon 8s Gen 3, yang ditargetkan untuk pasar premium high-end. Pasalnya, chipset satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur On-Device AI.

Microsoft Bakal RIlis Office 2024, Bisa Dibeli Permanen

Microsoft telah resmi mengonfirmasi aplikasi desktop populer mereka, Microsoft Office 2024 akan segera dirilis pada akhir tahun ini.