NewsTeknoRawan Disalahgunakan, Instagram Bakal Hapus Fitur Stiker Add Yours

Rawan Disalahgunakan, Instagram Bakal Hapus Fitur Stiker Add Yours

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Keberadaan fitur stiker ‘Add Yours’ di Instagram Story baru-baru ini, rawan disalahgunakan untuk mendapat data-data pribadi dan memicu terjadinya penipuan.

Meski bermaksud untuk membuat interaksi maya semakin menyenangkan, fitur ini malah belakangan menuai kritik karena berpotensi memuat informasi data pribadi.

Salah satunya disampaikan oleh akun Twitter @ditamoechtar_. Salah satu temannya rupanya menjadi korban penipuan lantaran sebelumnya sempat menggunakan fitur tersebut.

Instagram melalui perusahaan induknya, Meta, pun turut menyoroti fenomena ini. Kepada kumparanTECH, perwakilan Meta menegaskan bahwa Instagram sangat memprioritaskan privasi serta keamanan data pribadi para penggunanya.

“Privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi Instagram,” tegas perwakilan Meta, dilansir dari kumparan TECH, Selasa (21/11).

perwakilan Meta juga memastikan pihaknya akan menghapus konten-konten yang berpotensi menyebabkan data pribadi para penggunanya tersebar luas. Informasi-informasi yang bersifat menyebabkan kerugian fisik dan keuangan pun akan ditindaklanjuti oleh Instagram.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal,” ujar perwakilan Meta.

Kendati demikian, belum ada penjelasan detail mengenai seperti apa mekanisme dihapusnya stiker tersebut atau kapan kebijakan akan diterapkan. Yang pasti saat ini pengguna Instagram sebaiknya lebih berhati-hati dalam memainkan fitur-fitur yang tersedia agar jangan sampai disalahgunakan.

BERITA TERBARU

TERPOPULER