BerandaNewsTeknoPSI Sarankan BSSN Fokus Pada Keamanan Situs Pemerintah

PSI Sarankan BSSN Fokus Pada Keamanan Situs Pemerintah

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo menyarankan agar Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) fokus saja pada pekerjaan yang lebih substantif dan memiliki sisi urgensi yang tinggi.

ADVERTORIAL SPACE

Hal ini disampaikan Sigit untuk menyikapi launching aplikasi SATRIA yang dilakukan oleh BSSN dan Kementerian PAN-RB beberapa waktu yang lalu.

“Sebetulnya BSSN RI bagus-bagus saja membuat aplikasi ini, meskipun sudah banyak sekali aplikasi yang sama tersedia secara gratis,” kata Sigit dalam kicauannya di akun Twitter pribadi yang dikutip oleh Holopis.com, Kamis (4/11).

SATRIA adalah aplikasi password manager yang diproduksi dan dikembangkan oleh lembaga yang saat ini dipimpin oleh Letjen TNI (purn) Hinsa Siburian. Tujuannya adalah sebagai pengingat dan keamanan password terhadap aplikasi dan perangkat ponsel yang saat ini masih ditujukan kepada para aparatur sipil negara (ASN).

Sayangnya, Sigit menganggap bahwa aplikasi semacam itu sah-sah saja dibuat oleh BSSN, akan terapi ada yang lebih besar lagi bisa dilakukan oleh lembaga tersebut untuk negara, yakni mengoptimalkan keamanan aplikasi dan situs milik pemerintah.

Apalagi beberapa waktu yang lalu, beberapa website milik plat merah telah dibobol oleh peretas, walaupun kabarnya hanya menyasar tampilan sampul web saja menggunakan teknik defacing.

“Masalahnya, banyak pekerjaan rumah yang masih belum dikerjakan dengan benar, terutama soal keamanan situs dan basis data pemerintah,” ujarnya.

Sayangnya kata Sigit, salah satu situs pemerintah yang sempat menjadi sasaran hacking adalah situs milik BSSN sendiri. Seharusnya kata Sigit, inilah yang perlu digarap serius oleh lembaga tersebut, bukan mem-blow-up pekerjaan yang dinilainya kurang substansial.

“Kita menyaksikan serangkaian peretasan situs internet dan basis data milik pemerintah dan lembaga negara yang terus berulang dan belum dihentikan, termasuk peretasan pada situs milik BSSN sendiri,” tuturnya.

Oleh karena itu, Sigit pun menyarankan kepada BSSN agar tidak terlalu menggembar-gemborkan dengan merilis aplikasi semacam itu.

“Sebaiknya teman-teman BSSN lebih berkonsentrasi menjaga keamanan database dan website pemerintah,” tandas Sigit.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Aplikasi Karya Anak Bangsa ‘Kipaskipas’, Berikan Pengalaman Berbeda dalam Bermedia Sosial

PT Komunitas Anak Bangsa baru saja meluncurkan aplikasi media sosial baru yang bernama Kipaskipas yang mampu menyatukan penggunanya dengan berbagai macam fitur dalam satu platform.

Pendaftaran IMEI Gadget yang Dibeli dari Marketplace Luar Negeri Tanggung Jawab Ekspedisi

Pendaftaran IMEI merupakan persyaratan yang harus dilalui agar gadget bisa nenangkap sinyal seluler yang tersedia di Indonesia.

China Larang Chipset Komputer dan Server Pemerintah Pakai Buatan Asing

China mengeluarkan kebijakan yang melarang chip komputer dan server milik pemerintah, menggunakan chipset asing.

Terungkap Android 15 Punya Fitur Seperti di iPhone

Android 15 yang rencananya akan segera dirilis pada musim panas 2024, sudah mulai diuji coba sejumlah fitur barunya yakni koneksi melalui satelit.

Android 15 Hadirkan Fitur Audio Sharing, Ternyata Ini Gunanya

Google telah resmi merilis versi Android 15 Developer Preview 2 (DP2), dengan sejumlah fitur baru. Salah satu fitur yang cukup menarik pada versi kali ini adalah fitur Audio Sharing.

Threads Bikin Fitur Trending Now

Threads meluncurkan fitur 'Trending Now', seperti yang ada pada aplikasi X. Fitur ini, diluncurkan aplikasi buata Meta bagi pengguna di Amerika Serikat.

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Hadir dengan Layar Seperti Kertas

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition resmi masuk pasar Indonesia, dengan menampilkan tekstur layar layaknya lembaran kertas.

Begini Spesifikasi Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition hadir, dengan membawa teknologi baru pada tekstur layar layaknya lembaran kertas begini spesifikasi dan harganya.

Snapdragon 8s Gen 3 Bakal Hadir di Poco F6

Qualcomm secara resmi mengumumkan rilis SoC Snapdragon 8s Gen 3, yang ditargetkan untuk pasar premium high-end. Pasalnya, chipset satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur On-Device AI.

Microsoft Bakal RIlis Office 2024, Bisa Dibeli Permanen

Microsoft telah resmi mengonfirmasi aplikasi desktop populer mereka, Microsoft Office 2024 akan segera dirilis pada akhir tahun ini.