Andre Rosiade soal Larangan Ekspor CPO Dicabut : Ini Win-win Solution

Lainnya :

JAKARTA, HOLOPIS.COMAnggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade buka suara soal keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan kembali ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan produk turunannya. Menurutnya, keputusan tersebut sudah sangat tepat karena dapat menguntungkan semua pihak alias win-win solution.

“Jadi intinya apa, keputusan Presiden kemarin, sekali lagi ini adalah Win-win solution, di satu sisi pemerintah ingin menyelamatkan 16 juta petani sawit, di satu sisi ya pemerintah juga mengeluarkan program baru, yakni Migor (minyak goreng) Rakyat,” kata Andre, Jumat (20/5).

Terkait dengan program MigorRakyat, Andre meyakini program baru tersebut dapat menjamin ketersediaan minyak goreng murah bagi seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut, Politisi Partai Gerindra itu mengaku telah mengkonfirmasi, bahwa program yang berada di bawah komando Kementerian perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian BUMN akan mendistribusikan minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 di 5.000 titik sampai akhir bulan Mei ini.

“Rencananya ada 10.000 titik yang ID Food, 5.000 titik dan sisanya nanti mungkin ada Bulog dan juga teman-teman swasta lain. Dengan pengawasan aplikasi yang bisa memastikan bahwa harga yang sampai di tangan konsumen atau pembeli itu Rp 14.000 sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi) pemerintah,” terangnya.

Andre melihat, jumlah minyak goreng curah yang beredar di masyarakat sudah lumayan banyak saat Presiden memutuskan untuk mencabut kebijakan larangan ekspor minyak goreng ini.

Namun demikian, Indonesia dinilai masih gagal dalam memenuhi harapan rakyat terkait adanya dugaan oligarki di bisnis CPO ini yang tetap melakukan perlawanan dengan berbagai cara.

“Jadi dugaan kami di DPR, di Komisi VI terutama, bahwa memang ada perlawanan dari oligarki-oligarki dan sekali lagi ya oligarki-oligarki menunjukkan kesaktiannya dengan berhasil mencabut peraturan ini tapi dengan apa, diduga menggunakan petani Jadi mereka konsisten agar menurunkan harga TBS (tandan buah segar) sawit,” ungkapnya.

Menurut Andre, ini sekaligus menunjukkan bahwa Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 1/ 2018 tidak berjalan efektif.

Hal ini membuat advokasi pemerintah terhadap para petani sawit yang merupakan pihak paling terdampak tidak berjalan efektif karena penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22/2022 tidak diiringi dengan berjalannya Permentan Nomor 1/2018 itu.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Ganjar Pranowo Klaim Sudah Tahu Gibran dan Bobby Dipecat PDIP

Ganjar Pranowo menyebut pemecatan terhadap Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution dari PDIP bukanlah hal yang baru baginya.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Banjir Bandang di Pohuwato Perlahan Mulai Surut

Bencana banjir bandang yang melanda enam desa di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo saat ini mulai surut.

Sejumlah Wilayah di Kabupaten Sitaro Masih Ditutup Pasca Erupsi Gunung Ruang

Sejumlah wilayah yang berada di sekitar Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara sampai dengan saat ini dianggap masih berbahaya.

Ratusan Rumah di Kabupaten Luwu Terendam Banjir

Bencana Banjir melanda Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan semenjak beberapa waktu yang lalu.

Makan 4 Buah Ini Jika Kamu Tak Mau Punya Wajah Berminyak

Selain merawat kulit dengan produk-produk terpercaya, Sobat Holopis juga bisa mengonsumi buah-buahan yang bisa membantu kulit mengontrol minyak berlebih.

Truk Tangki Air Njeblos di Sawangan, Sopir Ngantuk

Sebuah truk tangki berkelir merah yang memuat air isi ulang dengan nomor polisi B 9003 EMZ mengalami kecelakaan tunggal.