Puluhan Rumah di Kabupaten Langkat Rusak Diterjang Angin Kencang

BERITA TERKAIT

SUMUT, HOLOPIS.COM Bencana angin kencang merusak puluhan rumah warga yang berada di tiga kecamatan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, bencana yang terjadi sejak Rabu (11/5) tersebut bersamaan dengan curah hujan yang tinggi sejak sore hari.

Cloud Hosting Indonesia

“Sebanyak 74 rumah warga Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, alami kerusakan yang disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang. Sebanyak 21 unit rumah rusak berat, 21 unit rumah rusak sedang dan 32 rumah rusak ringan,” kata Abdul, Kamis (12/5).

Abdul mengungkapkan, puluhan rumah tersebut tersebar di tiga kecamatan antara lain Kecamatan Padang Tulang (Desa Tebing Tanjung Selamat dan Tanjung Putus), Kecamatan Wampu (Desa Mekar Jaya, Kelurahan Bingei) dan Kecamatan Hinai (Desa Perkebunan Tanjung Beringin dan Paya Rengas).

Selain kerusakan rumah, Abdul juga mengatakan, terdapat beberapa pohon tumbang yang menutupi akses transportasi warga setempat.

Angin kencang di Kabupaten Langkat 2
Dampak bencana angin kencang di Kabupaten Langkat. Gambar : BNPB/Holopis.

Saat ini petugas BPBD telah melakukan pendataan serta mendirikan posko siaga bencana untuk mendukung pemenuhan kebutuhan warga terdampak.

“BPBD dan tim gabungan turut mempersiapkan upaya pembersihan material reruntuhan rumah dan berkoordinasi dengan lintas lembaga setempat untuk mendukung percepatan rekonstruksi rumah warga,” pungkasnya.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Email Hosting

REKOMENDASI