10 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah, Salah Satunya Jangan Terlalu Pemilih

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan tentunya menjadi impian untuk semua orang.

Namun, terkadang beberapa orang yang baru saja menempuh hidup baru sebagai seorang fresh graduate kurang memperhatikan sesuatu hal yang harus dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja.

Cloud Hosting Indonesia

Sehingga tak sedikit seseorang yang sudah lulus kuliah sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Berdasarkan hal tersebut, dilansir dari media sosial Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, berikut ini 10 tips untuk para fresh graduate agar cepat mendapatkan pekerjaan.

1. Mengikuti kegiatan magang, organisasi ataupun freelance

Ikut serta dalam kegiatan di atas dapat membantu para lulusan baru untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Selain itu, tiga kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan (skill), mental dan keterampilan kerja.

2. Menjalin relasi dengan alumni

Tips ini memang terlihat sepele, namun seorang fresh graduate sejatinya bisa mendapatkan informasi terkait lowongan kerja di suatu perusahaan atau bahkan bisa saja direkomendasikan oleh seseorang apabila mampu menjalin relasi yang baik seperti halnya dengan alumni.

3. Perluas koneksi

Memperluas koneksi dengan seorang pekerja profesional maupun dengan seorang individu yang memiliki visi sama bisa menjadi poin penting bagi para fresh graduate untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

4. Membuat prioritas kegiatan

Seorang fresh graduate dituntut untuk lebih kreatif apabila telah memasuki dunia kerja, dengan cara membuat prioritas kegiatan setidaknya mampu mempercepat seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

5. Mencari dan mengikuti Job Fair

Mungkin tips ini merupakan salah satu yang sudah biasa ditemukan di dunia pencari kerja, dengan cara mencari dan mengikuti Job Fair maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih cepat.

6. Perbarui e-mail menjadi lebih professional

Tips ini jika dibayangkan memang dinilai terlalu dini untuk seseorang yang baru lulus kuliah, namun dengan memperbarui email menjadi lebih professional maka akan lebih menarik perhatian seorang HR perusahaan.

7. Jangan terlalu pemilih atau selektif

Tips ini nampaknya menjadi satu hal yang dapat diperhatikan oleh seorang fresh graduate, memilih pekerjaan yang diinginkan memang merupakan hak setiap orang. Namun tanpa disadari bahwa apa yang kita pilih terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita miliki.

8. Merapikan profil di media sosial

Patut diingat bahwa saat ini teknologi telah berkembang pesat, maka tak jarang bahwa HR perusahaan memantau profil media sosial para pelamar untuk menilai seseorang secara dini.

9. Menunjukan karakter yang baik

Para fresh graduate akan cepat mendapatkan kerja apabila dapat menunjukan karakter yang baik di mata HR perusahaan, karena hal tersebut merupakan salah satu penilaian penting dalam perekrutan karyawan.

10. Selalu follow-up hasil wawancara

Tips terakhir ini adalah salah satu hal yang kerap dilupakan para fresh graduate. Sejatinya HR perusahaan juga seorang manusia yang terkadang lupa akan sesuatu hal.

Maka dari itu, cobalah untuk memberanikan diri dengan cara follow-up hasil wawancara baik dengan menghubungi langsung maupun dengan teks tertulis.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Email Hosting

REKOMENDASI