BerandaNewsRagamManfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini.....

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini…..

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

Bahaya Makan Brokoli Berlebihan

ADVERTORIAL SPACE

Meskipun menyehatkan, terlalu banyak mengkonsumsi brokoli juga tidak baik loh Sobat Holopis! Bahaya makan brokoli setiap hari ternyata bisa memicu beberapa penyakit berbahaya di tubuh. Walaupun, brokoli selama ini terkenal bisa untuk melawan kanker.

Ada beberapa efek yang bisa dirasakan jika mengkonsumsi secara berlebihan, sebagai berikut:

  • Timbul Alergi

Brokoli mungkin bukan makanan yang cocok untuk sebagian orang. Apalagi kalau kalian yang alergi dengan brokoli.

Maka dari itu, kalian yang alergi dengan brokoli, diwajibkan untuk tidak mengkonsumsi brokoli dengan cara apapun, karena jika tidak, hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi seperti kesulitan bernapas, sakit kepala, hidung tersumbat, gatal, ruam kulit, sakit perut, dan sebagainya.

  • Kelebihan Antioksidan Pada Tubuh

Kandungan antioksidan yang ada didalam brokoli dapat melawan radikal bebas. Maksudnya adalah megkonsumsi secara berlebihan dapat mencegah penyebab kerusakan oksidatif pada sel tubuh kita.

Walaupun antioksidan memberikan sejumlah manfaat, tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsi brokoli secara berlebihan, karena asupan antioksidan yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan lebih banyak kerusakan dari pad perbaikan.

  • Meningkatkan Risiko Hipoglikemia

Mengkonsumsi brokoli secara teratur memang sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes atau kalian yang berisiko terkena diabetes. Namun, apabila kalian memakan jumlah yang berlebihan juga tidak baik, karena mengkonsumsi brokoli secara berlebihan dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang sangat rendah, dan dapat menyebabkan hipoglikemia.

Sobat Holopis ada yang tau, apa itu hipoglikemia? Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana gula darah kita turun ke tingkat yang sangat rendah disertai dengan gejala seperti penglihatan kabur, detak jantung cepat, kulit pucat, kelelahan, pusing, lapar berlebihan, dan rasa haus yang berlebihan.

  • Menyebabkan Hipotensi

Walaupun brokoli sangat baik untuk mengatur tekanan darah tinggi, disarankan untuk memakan dalam jumlah yang semestinya, karena tingkat kalium yang tinggi dalam brokoli dapat menurunkan tekanan darah tubuh kita ke tingkat yang sangat rendah dan dapat menyebabkan hipotensi.

Jika terjadi hipotensi atau darah rendah, biasanya menimbulkan gejala seperti kelelahan, pusing, pusing, mual, depresi, dan kulit lembab.

  • Tidak Baik Untuk Ibu Menyusui Dan Ibu Hamil

Brokoli memang terkenal sayuran yang sangat baik untuk dimakan oleh ibu hamil ataupun ibu menyususi. Namun, sangat disarankan untuk memakan dengan porsi yang sedang, karena terlalu banyak mengkonsumsi brokoli dapat menyebabkan masalah seperti sakit perut, gas dalam usus, dan juga penyumbatan didalam usus.

Dari bahaya yang ditimbulkan oleh brokoli, ada tips pengolahannya yang baik dan benar agar tak menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan:

  • Dimakan Secara Mentah

Brokoli dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak, tetapi kebanyakan orang menikmati brokoli mentah karena sudah jadi alternative termudah.

Yang perlu kalian lakukan hanya mencuci bersih brokoli dengan air mengalir, lalu keringkan dengan lembut menggunakan tisu dapur sampai benar-benar kering, kemudian potong brokoli menjadi bagian kecil.

  • Di Kukus Terlebih Dahulu

Ada du acara mengukus brokoli yang bisa Sobat Holopis lakukan, yaitu mengukus dengan microwave dan mengukur diatas kompor.

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung 45% kalori yang berasal dari protein, serta mengandung serat yang tinggi.

Brokoli kukus juga bisa disajikan dengan olesan mentega dan taburan merica hitam bubuk atau dengan cocolan saus mayones.

  • Dengan Cara Di Tumis

Jika Sobat Holopis memutuskan untuk menumis brokoli. Pastikan sebelum menumis, brokoli dalam keadaan kering. Biasanya saat menumis brokoli hanya butuh ditambahkan secukup garam.

  • Di Rebus

Sebenarnya brokoli akan semakin enak dinikmati, apabila brokoli keadaan sudah dimasak. Brokoli yang sduah dimasak dapat melunakan seratnya sehingga mudah untuk dicerna dalam tubuh.

Kalian juga bisa menikmati brokoli direbus dengan salad atau hidangan lainnya.

  • Brokoli Panggang

Cara yang terakhir adalah dipanggang. Biasanya brokoli dipanggang selama 20 menit, agar brokoli menghasilkan kerenyahan. Brokoli panggang juga bisa dijadikan topping pizza loh Sobat Holopis.

Bagaimana Sobat Holopis, dengan mengetahui berbagai manfaat dan bahaya brokoli untuk kesehatan? Kalian sebaiknya mulai memasukkan sayuran hijau ini ke dalam menu harian. Jika kalian tidak terlalu suka atau alergi dengan brokoli, kalian bisa mengolahnya menjadi masakan yang menarik.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Warna Biru Langit Prabowo – Gibran Diprediksi Jadi Trend Baju Lebaran 2024

Tahun ini, tren fashion lebaran sudah menjadi perhatian, mengingat tak terasa sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Seluruh Korban Banjir Demak Sudah Kembali ke Rumah Masing-Masing

Bencana banjir yang sempat terjadi di wilayah Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah saat ini sudah sepenuhnya dalam kondisi surut.

Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan, Bisa Jadi Obat Jerawat?

Manfaat kesehatan buah apel sudah tidak perlu diragukan lagi. Istilah an apple a day keeps the doctor away atau sebuah apel setiap harinya menjauhkan dokter sudah sering diajarkan ke banyak generasi. Selain baik untuk kesehatan, buah apel juga bisa menjaga kecantikan loh, Sobat Holopis.

Lokasi Samsat Keliling Wilayah Jadetabek, Kamis 28 Maret

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Kamis 28 Maret 2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Kamis 28 Maret

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, hari Kamis 28 Maret 2024 beroperasi di 5 wilayah mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Hindari 4 Makanan Ini Saat Sahur agar Tidak Lemas saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang penting bagi umat Islam, di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari fajar hingga matahari terbenam. Karena itu lah sahur, sangat penting untuk memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa dengan kuat dan bertenaga sepanjang hari.

Wapres : Bayar THR untuk Jaga Hubungan Pengusaha dengan Karyawan

Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya menjaga keharmonisan dalam dunia kerja

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim Utama

Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim Utama dari Bekasi menuju Tol Dalam Kota, Rabu (27/3). Traffic Managemen Center (TMC) Polda Metro Jaya pun membeberkan kronologi kecelakaanya, bahwa insiden tersebut bermula akibat sebuah truk yang kelebihan muatan menabrak dua mobil di depannya, sebelum menuju GT Halim Utama itu sendiri.

Timun Bisa Bikin Miss V Becek, Benar Tidak sih?

Benarkah timun dapat membuat miss V menjadi becek atau lembab? Mitos ini sudah lama tersebar dan sering kali dikaitkan dengan klaim bahwa timun memiliki sifat yang dapat mempengaruhi kelembaban atau kebersihan area intim wanita.

Wapres Ma’ruf Peringatkan Pengusaha Bayar THR Tepat Waktu

Wapres RI Ma'ruf Amin memperingatkan pengusaha untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerjanya tepat waktu.