NewsRagamIngin Melakukan Waxing? Kenali Manfaat Hingga Bahayanya

Ingin Melakukan Waxing? Kenali Manfaat Hingga Bahayanya

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pernahkah Sobat Holopis melakukan waxing? Kalau ya, seberapa seringkah kalian melakukan waxing? Waxing adalah penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu.

Ada beberapa bagian tubuh kalian yang memerlukan wax, seperti alis, wajah, bikini, ketiak, lengan, punggung, perut dan juga kaki. Jika kalian melakukan waxing secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen.

Namun, sebelum melakukan waxing kalian harus mengetahui manfaat, bahaya, dan juga bagaimana cara melakukannya.

Manfaat Waxing Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Melakukan waxing sama saja kalian menjaga kesehatan kulit, ini beberapa manfaat melakukan waxing untuk kesehatan kulit:

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat yang pertama adalah mengangkat sel kulit mati. Proses waxing memiliki efek pengelupasan pada kulit, jadi proses ini melalukan exfoliating pada bagian-bagian kulit tertentu.

Proses ini akan mengangkat bagian kulit yang terlihat menghitam, terutama pada bagian ketiak. Sel-sel kulit mati ikut terangkat secara bersamaan dengan bulu-bulu halus. Jadi, kulit kalian yang telah melewati proses waxing akan cenderung lebih halus dan juga lembut.

  • Memperlambat Pertumbuhan Bulu Baru

Waxing merupakan proses pengeluaran bulu dari akarnya sehingga waktu yang dibutuhkan bulu untuk tumbuh kembali menjadi lebih lambat dibandingkan dengan cara mencukur.

Butuh waktu lebih lama bagi folikel untuk menumbuhkan rambut baru setelah proses tersebut. Contohnya, saat kalian melakukan proses waxing pada bagian kaki, maka bulu kaki akan kembali tumbuh dalam waktu sekitar tiga sampai empat bulan.

  • Menjaga Kulit Agar Tidak Kusam

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi dan menjaga agar kulit tidak terlihat kusam. Selain mengangkat sel kulit mati, waxing juga dipercaya dapat menjaga warna kulit agar tisak kusam dan mengefektifkan pencegahan bulu tumbuh ke dalam (ingrown hair).

Bulu tumbuh ke dalam atau ingrown hair dapat mengakibatkan benjolan kecil yang mampu menimbulkan peradangan pada kulit.

  • Menjaga Kebersihan Miss V

Sobat Holopis pernah melakukan waxing pada bagian miss V? Jika kalian belum pernah melakukan, sesekali kalian perlu mencobanya untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan miss V dari berbagai kuman dan kotoran, karena bagian ini yang cenderung lebih lembab.

Untuk proses ini, kalian perlu melakukan setiap 40 hari sekali. Walaupun lebih membutuhkan nyali, sebenarnya waxing pada bagian ini juga sangat penting loh Sobat Holopis.

  • Mengubah Tekstur Rambut

Manfaat terakhir yang bisa kalian ketahui adalah waxing akan mengubah tekstur bulu menjadi lebih halus, karena adanya kerusakan pada folikel bulu yang terjadi saat proses wasing.

Walaupun diawal terasa sakit, bila Sobat Holopis melakukan waxing secara rutin, maka rasa sakitnya akan semakin menurun bahkan menghilang karena sudah terbiasa. Namun, hal ini terjadi karena bulu yang dicabut sudah tak setebal diawal, dan ketika bulu tersebut sudah tumbuh, maka teksturnya akan lebih halus dan mudah dicabut.

Lantas adakah bahaya atau efek samping dari waxing?

BERITA TERBARU

TERPOPULER